Mengejar Cahaya Kebenaran :)

galaxy

Michael David Shapiro adalah seorang Yahudi Rusia. Dulu, ia tidak terlalu yakin dengan adanya Tuhan. Cita-citanya menjadi seorang bintang penyayi rock, tapi sekarang ia bekerja sebagai sekretaris dan tinggal di sebuah apartemen.

Pencarian jati dirinya dimulai ketika ia berusia 19 tahun. Suatu malam, berniat ke dapur dan bertemu dengan rekannya seorang kulit hitam. Ia bertanya pada rekannya itu,”Bolehkah saya menyimpan vodka di kulkas malam ini?”. Tak diduga, pertemuan itulah yang mengubah hidup Michael secara drastis.

Kemudian, teman mereka bernama Wade, seorang Kristiani bergabung dalam perbincangan itu. Jadilah mereka bertiga malam itu berdialog dengan Yahudi, Kristiani dan Muslim. Ketika itu, kata Michael, ia memulai dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana pada dirinya sendiri seperti ‘berapa sebenarnya jumlah Tuhan?’. Michael berpikir bahwa jumlah Tuhan pasti cuma satu. Tuhan akan lebih kuat jika cuma satu. Karena jika Tuhan dua, kalau ada salah satunya yang berbeda pendapat maka akan terjadi pertentangan dan pertikaian. “Maka saya berpikir bahwa Tuhan itu satu,” kata Michael.

Ia juga memikirkan tentang eksistensi Tuhan dan menganalisa keyakinan atheist dan keyakinan theist-theist lainnya. Saya teringat akan kata bijak “Setiap disain pasti ada disainernya”. Bertolak dari kata bijak itu, mata saya terbuka bahwa Tuhan itu ada. “Saya tidak bisa menjelaskannya mengapa, saya hanya bisa merasakannya,” ujar Michael.

Hal-hal baru yang ditemukannya, membuat Michael berpikir bahwa ia harus bertanggungjawab untuk mematuhi Sang Pencipta dan itu artinya ia harus memeluk satu agama. Pertanyaan lain pun menyusul, ‘darimana ia akan memulai? karena secara harfiah jumlah agama bisa ribuan dan ia perlu memperkecil jumlah itu. Langkah pertama yang Michael lakukan adalah mengelompokan agama-agama monoteis dan itu sejalan dengan keyakinannya bahwa Tuhan itu satu. Ia mencoret Budha dan Hindu dari daftarnya dan melingkari tiga agama monoteis yaitu Islam, Kristen dan Yudaisme.

Karena ia seorang Yahudi. Michael mulai mempelajari Yudaisme terlebih dulu, mulai dari konsep Tuhan, nabi-nabi, 10 larangan Tuhan, Taurat dan tentang ‘roh keyahudian’, satu hal yang menarik perhatian dan membuat Michael ragu. Ia berpikir, ide tentang ‘roh keyahudian’ tidak universal karena ‘jika seseorang dilahirkan sebagai Yahudi, maka orang itu punya jiwa Yahudi dan harus menjadi pengikut Yudaisme. Bagi Michael, ide semacam itu diskriminatif. Ia berpendapat bahwa semua manusia diciptakan sama. “Mengapa seseorang yang dilahirkan dalam agama tertentu harus tetap memeluk agama itu meski jika seseorang itu menemukan bahwa keyakinan yang dianutnya salah?” itulah pertanyaan yang muncul di benak Michael dan ia tidak sejalan dengan konsep tersebut.

Hal lainnya yang membuat Michael ragu dengan Yudaisme, tidak ada konsep yang jelas tentang neraka dalam Yudaisme. Jika konsep itu tidak ada, kenapa seseorang harus berbuat baik atau melakukan dosa? “Jika saya tidak takut akan hukuman yang berat, jadi kenapa saya harus bermoral,” pikir Michael.

Michael akhirnya meninggalkan Yudaisme dan beralih belajar kekristenan. Agama ini juga membuat Michael mundur karena konsep trinitas dalam kristen yaitu bapak, putera dan roh kudus. Ia berpendapat, bagaimana bisa Kristen mengklaik percaya hanya pada satu Tuhan, jika menganut konsep trinitas.

Michael juga menganggap sejarah Yesus dalam Kristen aneh dan tak masuk akal. Dalam doktrin Kristen, Yesus adalah anak Tuhan yang harus dibunuh untuk menyelamatkan manusia dari “dosa asal” yang dilakukan Nabi Adam. Dalam Kristen, Yesus mati untuk menebus dosa-dosa manusia.

Doktrin itu membuat Michael berpikir bahwa dalam agama Kristen seluruh umat manusia itu dilahirkan sebagai pendosa, yang melakukan perbuatan yang salah. Itu artinya, seorang bayi yang baru dilahirkan sudah berdosa karena melakukan hal-hal yang salah. “Doktrin yang aneh. Karena dosa satu orang, maka semua manusia harus menderita. Pesan moral apa yang disampaikan oleh doktrin semacam itu? Pemikiran seperti ini tidak masuk logika saya,” ujar Michael.

 “Jika saya menanyakan tentang Trinitas, mereka akan menjawab ‘ayah dan ibumu saling mencintai, ketika mereka memiliki anak, itu seperti tiga dalam satu dengan identitas berbeda’. Jadi, banyak sekali analogi yang diberikan untuk menjelaskan bagaimana Yesus bisa menjadi Tuhan dan menjadi anak Tuhan dan menjadi dirinya sendiri. Saya pikir banyak penganut Kristen yang menerima konsep ini tanpa memahaminya, ” ujar Michael.

Ia lalu menanyakan konsep Trinitas ke beberapa temannya dan ia mendapat jawaban bahwa konsep Trinitas ada dan ditetapkan sebagai dasar kepercayaan dalam agama Kristen setelah Yesus wafat. Sebuah jawaban yang mengejutkan Michael, karena itu artinya semua dasar dalam ajaran Kristen adalah ciptaan manusia. Yesus semasa hidupnya tidak pernah bilang dirinya adalah anak Tuhan dan tidak pernah mengatakan bahwa dirinya Tuhan.

“Saya membaca Gospel Mathias pertama dan dalam Gospel itu Yesus tidak direferensikan sebagai anak Tuhan, tapi anak seorang manusia. Tapi dalam Gospel yang ditulis setelah Yesus wafat, banyak sekali disebutkan bahwa Yesus adalah anak Tuhan”. Ia melanjutkan,”Saya juga menemukan bahwa Yesus berdoa dan memohon pertolongan pada Tuhan. Jika Yesus minta pertolongan pada Tuhan, lalu bagaimana Yesus bisa menjadi Tuhan. Ini tidak masuk akal buat saya.”

Michael lalu mempelajari Islam. Ia menemukan bahwa Islam berarti patuh dan berserah diri. Prinsip dalam Islam adalah Tuhan yang Esa, salat lima waktu sebagai wujud ketaatan pada Tuhan, menunaikan zakat, puasa di bulan Ramadhan dan pergi haji jika mampu secara finansial. Konsep yang buat Michael tidak terlalu sulit untuk dipahami.

Apa yang Michael pelajari tentang Islam tidak ada yang bertentangan dengan logikanya, termasuk kitab suci al-Quran dengan keajaiban-keajaiban yang mengagumkan dan ajaran-ajaran yang tak lekang oleh waktu. Michael menemukan fakta-fakta ilmiah yang sudah dijelaskan dalam kitab suci al-Quran sejak 1400 tahun yang lalu.

Dari sekian banyak hal yang Michael pelajari tentang Islam lewat buku-buku dan riset. Satu hal yang paling membuatnya tertarik adalah kata “Islam” yang dijadikan nama agama Islam disebut beberapa kali dalam al-Quran.

“Dari studi-studi yang sudah saya lakukan sebelumnya, saya tidak menemukan satu kalipun kata ‘Yudaisme’ ditemukan dalam Kitab Perjanjian Lama atau kata ‘Kekristenan’ dalam Kitab Perjanjian Baru. Saya heran mengapa saya tidak menemukan dua kata itu dalam dua kitab tersebut!” tukas Michael.

Ia lalu berpikir lebih dalam menemukan jawabannya. Kata Judaism bisa dipisah menjadi “Juda-ism”. Begitu juga dengan Christianity bisa dipenggal menjadi “Chris-ianity”. Siapakah Juda? Juda adalah salah satu pemimpin suku Yahudi. Jadi nama agama Judaisme diambil dari nama orang. Hal yang sama buat Kekristenan yang diambil dari kata Christ nama untuk Yesus.

Michael akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa Christianity dan Judaism tidak disebut-sebut dalam kitab suci karena kedua nama itu datangnya dari manusia dan bukan dari Tuhan. Sedangkan Islam adalah nama agama yang datangnya dari Tuhan.

“Oleh sebab itu ajaran Kristen dan Yudaisme tidak kredibel. Setidaknya dari perspektif saya, kedua ajaran tersebut tidak murni, tidak logis dan tidak lengkap,” kata Michael.

Ia melanjutkan,”Islam adalah satu-satunya nama agama yang disebut-sebut dalam al-Quran. Ini punya arti yang besar buat saya.”

“Saya sadar, bahwa saya harus mengikuti ajaran Islam. Kemudian saya memilih menjadi seorang Muslim. Saya telah menemukan kebenaran. Saya sudah keluar dari kegelapan dan menemukan cahaya … cahaya Islam,” tandas Michael. (ln/readingislam/iol)

55 Responses to “Mengejar Cahaya Kebenaran :)”

  1. tiui Says:

    amaziinggg…

    makasih ya pinky!

  2. Imam Says:

    Analisa anda berbeda dg saya kebenaran itu Yesus tdk ad yg lain, mengenai agama islam disebut dlm quran krn quran itu kitabnya org islam, ttp agama tdk bisa menyelamatkan manusia hanya Yesus tdk ad seorang nabi pun yg menjamin manusia selain Yesus

  3. Imam Says:

    Tetapi kebenaran hanya YESUS tdk ad yg lain, agama tdk bs menyelamatkan manusia trims

  4. pinkyangga Says:

    Mas Imam coba anda pikirkan dan kaji kembali kata2 yang anda tulis :

    Kajian 1
    ———-
    Imam : Analisa anda berbeda dg saya kebenaran itu Yesus tdk ad yg lain,
    Pinky : Satu pertanyaan mendasar yang ingin saya tanyakan ke anda, siapa itu yesus? apakah dia Tuhan? lalu kalau dia adalah Tuhan siapa Nabinya?

    Kajian 2
    ———-
    Imam : mengenai agama islam disebut dlm quran krn quran itu kitabnya org islam
    Pinky : Tepat sekali kitab umat muslim sedunia adalah Al-Quran, dari awal sampai akhir zaman, tidak ditambah sedikitpun, apalagi dikurangi. Tidak seperti Al-Kitab yang selalu direvisi oleh manusia seiring berkembangnya zaman..

    Kajian 3
    ———-
    Imam : ttp agama tdk bisa menyelamatkan manusia
    Pinky : kalau memang demikian adanya ngapain anda punya agama? lha buat apa anda beragama? apa anda merasa agama anda useless?

  5. pinkyangga Says:

    Kajian 4
    ———-
    Imam : hanya Yesus tdk ad seorang nabi pun yg menjamin manusia selain Yesus
    Pinky : Mengenai masalah jamin menjamin, hanya manusia itu sendirilah yang bertanggung jawab terhadap dirinya. Nabi hanyalah manusia biasa, ia bisa berdarah, ia bisa sakit, ia bisa meninggal dunia. Ia ada bukan untuk disembah, ia ada bukan untuk dipersekutukan dengan Tuhan, tugas seorang nabi hanyalah menyampaikan risalah dan ajaran dari Tuhan, bukannya menjamin manusia..

    Kajian 5
    ———-
    Imam : Tetapi kebenaran hanya YESUS tdk ad yg lain, agama tdk bs menyelamatkan manusia trims..
    Pinky : Agama tidak bisa menyelamatkan manusia!??! are you crazy, maksud anda agama anda sudah tidak cocok lagi? sudah ga jelas? sudah rusak? lalu buat apa anda beragama?

  6. lukman Says:

    bwt mas pinky, saia orang kristen. di kristen percaya, kalau kami diselamatkan bukan karena hasil usaha kami, tapi dari kasih karunia Allah.

    Allah itu kudus (ga bercela). jadi kalau bukan karena kasih-Nya, ga mungkin ada manusia yang bisa masuk surga. karena pada dasarnya semua manusia pasti melakukan dosa. dosa sekecil apapun, karena Allah itu kudus, ya manusia tersebut tetap tidak bisa masuk ke dalam surga, kalau bukan karena kasih karunia dari Allah.

    setuju sama pendapat imam. kami orang kristen percaya, hanya yang menerima Yesus sebagai juruselamatnya yang bisa masuk surga. karena Yesus yang telah menebus dosa kami melalui mati di kayu salib. ini yang indah jadi orang kristen. Tuhannya rela “mati” untuk menanggung dosa umat-Nya. ga nemu lagi d Tuhan yang gini. =)

  7. pinkyangga Says:

    Saudara Lukman, Mari kita bersama-sama meluruskan pemikiran kita tentang konsep ketuhanan. Menurut saudara Lukman : Tuhan itu rela “mati” untuk menanggung dosa umat-Nya. ga nemu lagi d Tuhan yang gini =)

    Saudara lukman coba anda jawab pertanyaan dibawah ini!!
    1. Kok Tuhan bisa mati?
    2. Bukannya cuma manusia, tumbuhan, dan hewan saja yang bisa mati?

    Kita diberi akal oleh Allah SWT untuk dipergunakan dengan baik. Saudara boleh meyakini sesuatu, boleh juga mengimani sesuatu, tapi kalau itu tidak rasional, kenapa harus saudara pertahankan? Konsep ketuhanan itu bukan sekedar dogma yang hanya main telan saja. Itu semua bisa dinalar. Bisa dibuktikan!!

    Sekarang coba saudara lukman pikirkan kembali asal-usul “yesus” yang dalam islam disebutkan sebagai salah satu nabi, Isa AS. Yesus lahir di dunia dari rahim siapa? rahim Maryam (maria), Ia menangis, Ia pun menyusu pada Ibunya, sama seperti bayi-bayi yang lain di dunia. Perihal ia bisa berbicara ketika masih bayi, itu adalah salah satu Mukjizat dari Allah SWT. Ia lahir tanpa ayah, itu juga Mukjizat dari Allah SWT. Bagi Allah itu mudah saja, sama halnya dengan penciptaan adam yang tanpa ayah dan tanpa ibu. Ia juga bernafas, ia juga makan, ia juga tidur, sama dengan manusia yang ada di seluruh dunia ini.

    Selamanya ia adalah manusia, tidak ada manusia yang bisa mengangkat dirinya sendiri sebagai Tuhan, kalaupun ada itu terjadi pada zaman nabi Musa AS, firaun mengangkat dirinya sendiri menjadi Tuhan. Padahal dia sendiri manusia. Coba saudara lukman cermati, mana ada manusia yang bisa menjadi Tuhan. Yesus itu baru dilantik dan mendapat sebutan Tuhan, terjadinya pada tahun 325 Masehi. Yang menobatkan Yesus sebagai Tuhan ialah Kaisar Romawi yang bernama Constantin. Dilakukan dalam rangka konsili di kota Nicea (coba baca sejarah). Mana mungkin bisa manusia dilantik menjadi Tuhan!!

    Dialah Allah SWT yang Maha Menciptakan. Dialah yang menciptakan yesus (Isa AS), menciptakan Musa AS, menciptakan saudara lukman, saya, menciptakan seluruh dunia beserta isinya.

    Selamanya Tuhan tidak bisa dipersamakan dengan manusia..
    Selamanya Tuhan tidak bisa dipersamakan dengan ciptaanNya..

    Yesus (Isa AS) itu diutus ke dunia untuk menyampaikan ajaran Tuhan, dia diutus bukan untuk disembah, apalagi dikultuskan sebagai Tuhan!! Mengenai masalah masuk surga, dosa, dan yang lainnya itu semua adalah tanggung jawab manusia sendiri, agama itu ada untuk mengatur hidup kita, sebagai way of life, untuk dijalankan, untuk dipraktekkan, bukan hanya untuk diimani (menerima yesus sebagai juru selamat) lalu langsung masuk surga!! Itu tidak relevan!!!

    Sekali lagi saya tekankan disini!!
    Yesus (Isa AS) itu adalah manusia biasa yang diberi kelebihan (Mukjizat) oleh Tuhan sebagai nabi. Ia bisa menangis, ia bisa tertawa, ia bisa sakit, ia bisa berdarah, sama dengan manusia lainnya. Dan sekali manusia selamanya manusia. Tidak akan pernah ada ceritanya sebuah kursi kayu bisa mengubah dirinya menjadi tukang kayu!! Saudara boleh-boleh saja mengimani doktrin trinitas dan konsep ketuhanan yang tritunggal? tapi kalau itu semua tidak bisa dinalar, apalagi dibuktikan? mengapa anda pertahankan mati2an!?!?

    Islam datang ke dunia ini melalui nabi Muhammad SAW sebagai penyempurna agama-agama terdahulu dan penutup para nabi-nabi. Ia membenarkan adanya nabi Musa AS, nabi Isa AS, dan nabi-nabi yang lainnya. Ia datang ke dunia untuk menyebarkan ajaran Tuhan sama seperti nabi-nabi yang lainnya, ajaran Islam, penyempurna agama-agama terdahulu. Ia datang bukan untuk disembah, apalagi dipertuhankan. Muhammad adalah manusia biasa, ia bernafas, ia juga bekerja, sama halnya dengan manusia yang lain di dunia. Ia bisa sakit, ia juga bisa berdarah. Ia adalah salah satu manusia terbaik yang pernah ada di dunia, ciptaan Allah SWT.

  8. lukman Says:

    karena Yesus harus menjelma menjadi manusia, agar bisa menebus dosa umat-Nya, makanya Dia bisa mati!! namun karena Dia itu Tuhan (Yesus itu 100% manusia, 100% Tuhan), makanya Dia bangkit pada hari yang ke-3!!

    mas, jangan cuma kopas dari forum2 doank ya. saya bingung banyak bangat yang ngeblog bilang “Yesus sendiri ga ngakuin diri-Nya”. saia cuma bs bilang: baca alkitab!

    yang diimani oleh kristen memang begitu mas, kami diselamatkan hanya oleh karena anugrah Tuhan, bukan karena banyaknya perbuatan baik kami. pada dasarnya yang berdosa itu ga bisa masuk surga! =)

    apa Yesus pernah melakukan dosa?

    • Chairul Azwar Says:

      Salam mas Lukman…. maaf sblumnya, sy agak mnarik dkit membaca perdebatan mas dgn mas pangky..! ” klo mang Tuhan menyamar sebagai manusia, untuk menebus dosa Umatnya, mana identitas ketuhanannya? kenapa mesti dia harus menyamar sebagai manusia n mati tuk menebus dosa umatnya??? kan selku tuhan dia bisa langsung mengampuni dosa umatnya klo dia mau, toh dia yang paling berkuasa n pencipta. ya kan..??? knpa mesti mnyamar pla..! berarti, menurut pemahaman sy, klo tuhan hrus menebus dosa hambanya, ganti aja tuhan, masak than diperbudak sama hamba…!!! gak da wibwa tu tuhan..!!!!! cobalah mas dianalogikan dengan baik n direnungi dengan baik,..!!! bagaimana sich yang dkatakan tuhan sebenarnya..???? ” Tuhan itu bebas berkehndak, n gakkan pernah sama dengan Manusia or makhluknya”…!! PIKIRKAN MAS…!!!

      • lukman Says:

        Yesus bangkit pada hari yang ke 3.

        karena itu sudah dinubuatkan di perjanjian lama.

        di kristen, hubungan Tuhan sama umatnya itu seperti Ayah dan Anak. Ayah mengasihi anaknya, dan begitu juga sebaliknya (seharusnya). yah silakan saja kalau ga setuju, itu hak anda.

      • pinkyangga Says:

        Apa kabar saudara lukman?
        mudah2an kasih Allah SWT (bukan Yesus) selalu menyertai anda..

        Saudara lukman,
        pada kesempatan kali ini,
        saya hanya ingin menyampaikan kebenaran..

        Bahwasannya,
        Yesus (Isa as), adalah seorang manusia biasa..
        beliau hanya diberi kelebihan (mukjizat) oleh Allah SWT..

        Kemudian saudara lukman,
        Alkitab yang anda bangga2kan tidaklah datang dengan cara difax dari surga..
        Alkitab tidak jatuh secara ajaib dari awan. Itu telah melibatkan penerjemahan, penambahan, dan revisi yang
        tidak terhitung. Sejarah tidak punya versi pasti buku itu.

        Alkitab adalah buatan manusia!!

        “Lebih dari delapan pu1uh ajaran dianggap berasal dari Perjanjian Baru, namun hanya relatif sedikit yang dipilih untuk dicantumkan—di antaranya Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes.” Lalu siapa yang memilih ajaran untuk dicantumkan???? Ironi mendasar dari Kristen! Alkitab yang kita kenal sekarang ini disusun oleh kaisar Roma yang pagan, Konstantin Agung

        Dia seorang pagan seumur hidup. Dia dibaptis pada ranjang kematiannya, ketika dirinya terlalu lemah untuk melawan. Di masa Konstantin, agama resmi Romawi adalah pemujaan matahari—kelompok pemujaan Sol Invictus, atau Matahari Tak Tertandingi— dan Konstantin adalah pendeta kepalanya. Celaka baginya, sebuah guncangan religius tumbuh dan mencengkeram Roma. Tiga abad setelah penyaliban Yesus Kristus, para pengikut Kristus tumbuh berlipat-lipat. Kaum Kristen dan pagan mulai berperang, dan konffik itu tumbuh sedemikian besar sehingga mengancam akan membelah Roma menjadi dua.

        Konstantin memutuskan bahwa sesuatu harus dilakukan. Pada tahun 325 Masehi, ia memutuskan untuk menyatukan Romawi dalam sebuah agama tunggal. Kristen.

        Nah hebatnya!! Konstantin adalah pebisnis kawakan. Dia dapat melihat bahwa Kristen sedang bangkit, dan ia sekadar bertaruh pada kuda pemenang. Para sejarawan masih memuji kecemerlangan Konstantin yang mengalihkan kaum pagan pemuja matahari menjadi Kristen. Dengan meleburkan simbol-simbol, tanggal-tanggal, serta ritus-ritus pagan ke dalam adat istiadat Kristeny ang sedang tumbuh, dia telah menciptakan sejenis agama hibrid yang dapat diterima oleb kedua belah pihak. Excellente😀

        “Transmogrifikasi”

        Jejak-jejak agama pagan dalam
        simbologi Kristen tak terbantahkan. Cakram matahari kaum Mesir kuno menjadi lingkaran halo para santo Katolik. Berbagai piktogram Isis yang sedang menyusui putranya yang lahir karena mukjizat, Horus, menjadi cetak biru bagi berbagai penggambaran modern kita akan Perawan Maria yang sedang menyusui bayi Yesus. Dan, nyaris semua unsur dalam ritus Katolik—
        mitra, altar, doksologi, dan komuni, atau tindakan “makan Tuhan”—diambil langsung dari agama-agama misteri pagan di masa awal.

        Jangan biarkan seorang simbolog mulai bicara tentang ikon-ikon Kristen. Tak ada yang asli dalam Kristen. Mithras, Tuhan pra-Kristen—disebut Putra Tuhan dan cahaya dunia—lahir dan mati pada 25 Desember, dikubur dalam sebuah makam batu, dan kemudian dibangkitkan dalam tiga hari. Omong-omong, 25 Desember juga hari lahir Osiris, Monis, dan Dionysus. Khrishna yang baru lahir dihadiahi emas, dupa, dan kemenyan. Bahkan hari suci mingguan orang Kristen dicuri dari kaum pagan.

        Kristen menghormati Sabat Yahudi pada hari Sabtu, tapi Konstantin menggesernya agar bertemu dengan hari kaum pagan memuliakan matahari. Hingga hari ini, kebanyakan jemaat gereja menghadiri layanan Gereja pada Minggu pagi tanpa sadar sama sekali bahwa mereka sedang melakukan penghormatan mingguan pada dewa matahari kaum pagan—Sun-day, hari matahari.

        Selama fusi agama-agama ini, Konstantin perlu memperkuat tradisi Kristen baru, dan dia mengadakan sebuah pertemuan ekumenikal termasyhur, yang dikenal dengan nama Konsili Nicea. Dalam pertemuan ini banyak aspek dari Kristen diperdebatkan dan ditetapkan berdasarkan voting—tanggal paskah, peranan para uskup, administrasi sekramen, dan, tentu saja ketuhanan Yesus.

        Hingga saat itu dalam sejarah, Yesus dipandang oleh para pengikut-Nya sebagai nabi yang dapat mati…seorang lelaki agung yang punya kekuatan, tapi tak lebih dari seorang manusia. Seorang fana, manusia biasa. Dan Bukan putra Tuhan. Penetapan Yesus sebagai ‘Putra Tuhan’ secara resmi diusulkan dan ditetapkan melalui voting oleh Konsili Nicea. (dhuerrrr tuhan yesus voting euy, maluuuu maluuuu :D)

        menetapkan kelahiran Kristus penting sekali bagi penyatuan lebih jauh kekaisaran Romawi dan bagi basis kekuatan Vatikan yang baru. Dengan secara resmi memuja Yesus sebagai Putra Tuhan, Konstantin mengubah Yesus menjadi dewa yang berada di luar cakupan dunia manusia, sebuah entitas dengan kekuatan yang tak tertandingi. Ini bukan hanya menyisihkan tantangan selanjutnya dari kaum pagan terhadap Kristen, tapi membuat para pengikut Kristus kini dapat menebus diri hanya mereka melalui pembuatan sebuah saluran suci—Gereja Katolik Roma. (betapa picik :D)

        Status Kristus sebagai Juru Selamat adalah amat penting bagi berfungsinya gereja dan negara. Banyak sarjana mengklaim bahwa Gereja pada masa awalnya benar-benar mencuri Yesus dari para pengikut asli-Nya, dengan membajak pesan-pesan manusiawi-Nya, mengaburkannya dalam jubah ketuhanan yang tak tertembus, dan menggunakannya untuk meluaskan kekuasaan mereka.

        Mayoritas besar orang Kristen terdidik mengetahui sejarah iman mereka. Yesus memanglah seorang manusia agung dan berkuasa. Manuver politik bawah tangan dari Konstantin tidak memupuskan keagungan hidup Kristus. Tak ada yang mengatakan bahwa Kristus adalah tokoh gadungan, atau menyangkal bahwa Dia berjalan di muka bumi dan mengilhami jutaan orang untuk memperbaiki hidup mereka. Yang kita katakan di sini hanyalah, Konstantin mengambil keuntungan dari pengaruh dan arti penting Kristus yang besar. Dan dalam melakukan itu, dia telah membentuk wajah Kristen seperti yang kita kenal sekarang.

        Masalahnya adalah Karena Konstantin meningkatkan status Yesus hampir empat abad setelah kematian Yesus, ribuan dokumen yang mencatat kehidupan-Nya sebagai manusia biasa sudah terlanjur ada. Untuk menulis ulang buku-buku sejarah, Konstantin tahu bahwa ia perlu mengambil sebuah langkah berani. Dari sinilah timbul sebuah momen paling menentukan dalam sejarah Kristen. Konstantin menitahkan dan membiayai penyusunan sebuah Alkitab baru, yang meniadakan semua ajaran yang berbicara tentang segala perilaku manusiawi Yesus, serta memasukkan ajaran-ajaran yang membuat- Nya seakan Tuhan. Injil-injil terdahulu dianggap melanggar hukum, lalu dikumpulkan dan dibakar. (tuh kan kelihatan asli bejatnya si konstantine :D)

        Siapa pun yang memilih Injil-injil terlarang dan bukannya versi Konstantin akan dianggap sebagai kaum bidah, heretic. Kata heretic diambil dari momen sejarah tersebut. Kata Latin haereticus berarti ‘pilihan’. Mereka yang ‘memilih’ sejarah asli dari Kristus adalah kaum heretic pertama di dunia. Untungnya bagi para sejarawan, beberapa gospel yang dicoba untuk dimusnahkan oleh Konstantin berhasil diselamatkan. Dead Sea Scrolls, Gulungan-Gulungan Laut Mati, ditemukan pada tahun 1950-an tersembunyi di sebuah gua dekat Qumran di gurun Yudea. Dan, tentu saja, Gulungan Koptik pada tahun 1945 di Nag Hammadi. Sebagai tambahan dari penuturan kisah Grail sejati, dokumen-dokumen ini berbicara tentang kependetaan Kristus dalam keadaan-keadaan yang amat manusiawi. Tentu saja Vatikan, dalam memelihara tradisi misinformasi mereka, mencoba amat keras untuk menekan pengabaran gulungan-gulungan naskah ini. Mengapa tidak? Gulungan – gulungan itu menggarisbawahi ketidakcocokan dan pemalsuan sejarah yang mencolok, jelas-jelas membenarkan bahwa alkitab modern disusun dan diedit oleh manusia yang memiliki sebuah agenda politis– untuk mempromosikan keilahian, seorang lelaki bernama Yesus Kristus dan memanfaatkan pengaruh-Nya untuk mengukuhkan basis kuasa mereka sendiri. (hahahahaha :D)

        Tuh kan mas lukman,
        Saya hanya berusaha menyampaikan kebenaran, bahwasannya Alkitab yang anda gunakan sekarang
        pada dasarnya sudah tidak valid lagi, Tuhan Yesus yang anda yakini sekarang juga bukanlah Tuhan yang diajarkan oleh
        Yesus itu sendiri. Ini hanyalah kebusukan Konstantin dan juga konsili nicea saja.

        Yesus (Isa as.) adalah manusia yang mulia,
        ia dimuliakan di dalam Al-Quran sebagai manusia (nabi) pilihan,
        ia hanyalah “diangkat” menjadi tuhan dan ya itu tidaklah sah.

        Seperti kata Leonardo Da VInci

        “Kebodohan membutakan teiah menyesatkan kita. Oi! Orang-orang bodoh, bukalah mata kalian!”

        Jadi mas lukman, mudah2an apa yang saya sampaikan ini bermanfaat🙂
        Salam kebenaran..

      • lukman Says:

        maaf, saya sudah terlanjur nyaman (cocok) dengan ajaran yang diajarkan oleh Tuhan saya. diantaranya:
        – kasihilah musuhmu, jika ditampar pipi kanan, berilah pipi kirimu
        – jika ingin jadi yang terbesar, layanilah sesamamu
        – mendoakan orang yang menghina, bukan mengutuk
        – dll

        yang saya banggakan dari ajaran Tuhan saya, Tuhan Yesus, adalah untuk mengasihi sesama, bahkan musuh sekalipun. makanya kalau anda liat dari komen2 di atas, saya mencoba sebisa mungkin untuk tidak menyerang balik atau membalas dengan kata-kata kasar.

        kalaupun Yesus bukan Tuhan, tapi ajarannya itu membawa damai di dunia ini. dan buat saya, mau dibayar berapapun, saya ga mau menyangkal keTuhanan Yesus.

        ini ada link yang menunjukkan perbedaan ajaran Tuhan saya dengan ajaran nabi anda.
        http://febrina.wordpress.com/bagian-3_bab17/
        http://febrina.wordpress.com/bagian-3_bab16_bagian-1/
        http://febrina.wordpress.com/bagian-3_bab18/
        http://febrina.wordpress.com/bagian-3_bab11/

        kalau saya lebih “sreg” dengan ajaran Tuhan saya. ya silakan anda dapat berdalih bahwa alkitab yg saya gunakan palsu dan lain sebagainya,, ya, kalaupun benar palsu, tapi setidaknya kepalsuan itu membawa kedamaian.

      • pinkyangga Says:

        Tidak ada yang saya tangkap dari paragraph ini kecuali betapa curangnya dan piciknya Anda dalam menilai Islam. Mengapa Anda begitu yakin bahwa di dalam Islam tidak ada ajaran yang “human friendly”? Secara implisit tulisan anda ingin menyampaikan bahwa, “Islam adalah kejahatan semata tidak ada kebaikan sama sekali di dalamnya, hanya kristen yang memiliki ajaran yang penuh cinta dan kasih”.

        Coba Anda renungkan.

        Sahabat bertanya kepada Muhammad,
        siapakah yang harus saya hormati pertama kali?
        Muhammad menjawab,
        Ibumu (kali pertama).
        Lalu siapa lagi?
        Ibumu (kali kedua)..
        Lalu siapa lagi?
        Ibumu (kali ketiga)..
        Lalu siapa lagi?
        Ayahmu.

        Pada kisah ini, Muhammad menempatkan ibu pada posisi yang amat penting. Bagaimana dengan Jesus? Apa pesan Jesus tentang bakti seorang ibu? Sebenarnya apa yang Anda inginkan?

        Pada kisah lain, Muhammad berkata,
        Jika dua hamba Tuhan bertemu, barang siapa yang pertama kali mengucapkan salam maka dialah yang lebih mulia di mata Tuhan.
        Apa komentar Anda mengenai ajaran seperti ini?

        Kisah lain, Muhammad berkata,
        Malaikat rahmat akan berada beserta dua (atau lebih) hamba Allah, hingga mereka berpisah….
        Pada ajaran ini, Allah menekankan betapa pentingnya arti kerukunan dan kebersamaan. Bagaimana dengan ajaran Jesus? Sebenarnya apa yang Anda inginkan?

        Kisah lain, Muhammad berkata,
        jika dua anak manusia bersekutu untuk berbuat kebajikan, maka Allah adalah Yang ketiganya. Jika tiga anak manusia bersekutu untuk berbuat kebajikan, maka Allah adalah Yang keempatnya.
        Pada ajaran ini, Islam menggariskan bahwa Allah selalu bersama dengan orang orang yang berbuat baik. Bagaimana dengan ajaran Jesus? Sebenarnya apa yang Anda inginkan?

        Pada kisah lain, Muhammad berkata,
        Sebaik baik kamu adalah yang bermanfaat bagi orang banyak.
        Bagaimana dengan ajaran Jesus? Sebenarnya apa yang ingin Muhammad katakan supaya Anda merasa benar?

        Pada kisah lain, Muhammad berkata,
        Bayarlah upah pekerja pekerjamu, sebelum kering keringat mereka.
        Bagaimana dengan Jesus? Pernahkah Jesus menunjukkan keadilannya terhadap para pekerja?

        Muhammad sudah katakan semuanya. Tapi Anda mempunyai kekurangan dalam hal kecerdasan emosional. Seharusnya Anda meminta pertolongan.

        Masih banyak lagi kisah lainnya tentang betapa Muhammad adalah tokoh yang sangat human friendly. Tapi tampaknya permasalahan ada pada pihak Anda. Dan begitu banyaknya kisah Muhammad yang tertulis dengan indah di semua buku yang siapa pun dapat membelinya dengan bebas, tetap itu tidak dapat mempengaruhi Anda. Tidak ada yang ingin Anda katakan kecuali kebencian terhadap Muhammad. Sekarang, dapatkah Anda menjelaskan kepada saya, Muhammad yang mengajarkan kebencian, atau Anda yang memaksakan kebencian Anda terhadap Muhammad kepada lebih banyak orang lagi?

        Anda membangga banggakan Jesus, “ampunilah kesalahan orang lain agar dirimu diampuni pula”.
        Ada satu hal yang belum Anda pahami, dan sekarang akan saya katakan. Anda suka atau tidak suka, toh justru dunia ini berjalan menurut ajaran Islam, walau pun banyak tempat di dunia ini dihuni oleh orang Kristen, bukan Muslim, dan pada banyak kasus, mereka tidak sadar sama sekali bahwa system yang mereka adopsi berasal dari Islam.

        Perhatikan baik baik. Islam berpesan,
        “tidak ada dosa bagi kamu untuk menuntut pembalasan, yaitu pembalasan yang setimpal. Namun jika kamu memberi maaf, maka itu lebih baik bagi kamu”.

        Message ini menyiratkan, bahwa kita berhak menuntut balas kalau ada yang berbuat keji terhadap kita, sambil Islam juga menegaskan bahwa pemaafan justru lebih disukai. Artinya, Islam memberi hak prerogative kepada korban untuk menuntut balas atau memberi maaf. Islam tidak memaksa umat manusia untuk memberi maaf, karena Tuhan tahu dan sadar akan rasa sakit yang diderita oleh korban sebagai akibat dari kejahatan yang dilakukan orang keji. Islam pun tidak memaksa umatnya untuk menuntut balas.

        Singkat kata, message ini memungkinkan adanya lembaga peradilan di dunia. Islam merestui diadakannya lembaga peradilan yang agung di dunia ini.
        Di dunia ini, di belahan dunia mana pun, setiap Negara mempunyai lembaga peradilan. Bahkan setiap lembaga peradilan itu diselenggarakan di bawah dan di dalam nama tuhan mereka. Di lembaga peradilan itulah para korban teriak teriak dan nangis nangis meminta agar pelaku kejahatan diberi hukuman seberat beratnya. Keadilan harus ditegakkan.

        Sekarang bagaimana pendapat Anda. Kalau pesan Jesus memang memikat dunia, mengapa ada lembaga peradilan di dunia ini? Bukankah Jesus mengajarkan cinta kasih dan pemaafan? Kalau semua orang mentaati pesan Jesus (yaitu cinta kasih dan saling memaafkan), sudah pasti tidak ada lembaga peradilan di dunia ini. Kalau semua orang suka memaafkan atas dasar cinta kasih, buat apa ada lembaga peradilan yang mengusung nama tuhan di dalamnya? Di dalam kerajaan Jesus, lembaga peradilan adalah mustahil!

        Tapi kenyataannya lembaga peradilan beranak pinak di dunia ini! Artinya, pesan Islam dijawab oleh dunia dengan gegap gempita karena hanya Islam yang merestui adanya lembaga peradilan berikut dengan para penjagalnya, dan pasti Anda tidak suka dengan hal ini. Apakah Anda terkejut melihat fakta ini? Kalau Anda membenci Islam, seharusnya Anda juga membenci Negara Anda karena menyelenggarakan peradilan, dan sekaligus membenci lembaga peradilannya. Anda munafik!!

      • lukman Says:

        Yesus tidak mengharamkan lembaga peradilan, yang Yesus haramkan itu hukuman mati.

        mengenai pandangan Yesus terhadap ibunya, coba liat pada detik2 terakhir Yesus hidup ketika Ia disalibkan.

        untuk hal menghakimi, itu sudah dicontohkan oleh Yesus sendiri dimana ia mengampuni orang2 yg menyalib Dia. karena penghakiman itu miliknya Tuhan.

      • pinkyangga Says:

        Yesus tidak mengharamkan lembaga peradilan, yang Yesus haramkan itu hukuman mati.

        Lagi2 ini statement yang berasal dari buah pikiran anda sendiri lagi, terlalu subyektif. Kemudian, kalau memang Yesus mengharamkan hukuman mati, mengapa di negara2 yang notabene penduduknya mayoritas kristen, masih melakukan praktek hukuman mati, bahkan lebih kejam saudara, hukuman mati dengan di setrum listrik. Berarti orang2 tidak mengikuti apa yang diperintahkan Yesus? ataukah ajaran Yesus ini cuma buah pikiran Gereja?? Jangan berpikiran bebas mas lukman, Utopis!

        mengenai pandangan Yesus terhadap ibunya, coba liat pada detik2 terakhir Yesus hidup ketika Ia disalibkan.
        untuk hal menghakimi, itu sudah dicontohkan oleh Yesus sendiri dimana ia mengampuni orang2 yg menyalib Dia. karena penghakiman itu miliknya Tuhan.

        Tuhkan, anda sudah katakan dengan lantang sendiri, penghakiman itu miliknya Tuhan, bukan milik Yesus, mari para pembaca yang budiman menilainya, mana yang benar dan mana yang kilihatannya maksa🙂

      • pinkyangga Says:

        Seyakin apa Anda menyatakan bahwa Jesus mengajari pemaafan? Coba perhatikan ayat Bible [Mat 11 : 20 – 24] ini.

        11:20 Then began he to upbraid the cities wherein most of his mighty works were done, because they repented not:
        11:20 Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:

        ==

        11:21 Woe unto thee, Chorazin! woe unto thee, Bethsaida! for if the mighty works, which were done in you, had been done in Tyre and Sidon, they would have repented long ago in sackcloth and ashes.
        11:21 “Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.

        ==

        11:22 But I say unto you, It shall be more tolerable for Tyre and Sidon at the day of judgment, than for you.
        11:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.

        ==

        11:23 And thou, Capernaum, which art exalted unto heaven, shalt be brought down to hell: for if the mighty works, which have been done in thee, had been done in Sodom, it would have remained until this day.
        11:23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.

        ==

        11:24 But I say unto you, That it shall be more tolerable for the land of Sodom in the day of judgment, than for thee.
        11:24 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.”

        Di ayat ini, khususnya,
        [Mat 11:20. Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: ], …..

        Anda dapat membaca di ayat tersebut bahwa Jesus adalah pribadi pendendam, suka memaksakan kehendak, dan tidak menghargai hak orang untuk mengatur diri mereka sendiri. Apa komentar Anda?

        Tidak dapatkah jesus menampakkan kasih sayang dan toleransinya untuk Khorazin, Betsaida, dan kapernaum? Dan tidak dapatkah jesus memohonkan ampun untuk kota kota tirus sidon dan Sodom supaya kota itu tidak binasa dalam amarah tuhan?

        Coba Anda perhitungkan. Kalau saja saat itu Jesus mempunyai bala tentara, pastilah Jesus sudah menggempur kota kota yang menolak misinya. Bagaimana Anda bisa berkata bahwa Jesus tidak akan menggunakan militer, sementara ayat di atas dengan jelas menunjukkan pemaksaan Jesus atas penduduk kota betsaida Chorazin dan kapernaum untuk menjadi pengikutnya?

        Jesus berkata,
        “biarlah mereka yang tidak berdosa menjadi pertama yang melempar batu (menjadi sebagai algojo)”.

        Dalam ajaran jesus ini, hanya orang yang bersih dari dosa saja yang dapat menjadi algojo.

        Semua Negara mempunyai lembaga peradilan. Semua lembaga peradilan pasti akan berakhir dengan eksekusi. Eksekusi akan menjadi tAnda bahwa keadilan sudah ditegakkan. Eksekusi butuh algojo. Tidak ada Negara yang mempertanyakan kesalehan para algojo, suci atau banyak dosa, tetap para algojo akan diminta oleh Negara untuk menjalankan eksekusi pengadilan.

        Algojo adalah manusia belaka seperti Anda dan saya, yang banyak dosa. Kalau hanya orang yang suci dari dosa yang boleh menjadi algojo, maka tidak akan ada eksekusi di dunia ini, dan kemudian tidak akan ada pengadilan di dunia ini, dan akhirnya tidak akan ada keadilan di dunia ini. Akhirnya hanya akan ada kekacauan dan kekanibalan karena hukum sudah tidak bekerja.

        Sekarang, di mana letak indahnya ajaran Jesus, “biarlah mereka yang tidak berdosa menjadi pertama yang melempar batu (menjadi sebagai algojo)”. ???

        Jesus yang bodoh, atau Anda yang bodoh, atau saya yang bodoh, atau semua Muslim yang bodoh??? Bisakah Anda menjawab saya??

        Islam datang ke dunia ini dengan salah satu misinya untuk membersihkan nama Jesus. Semua perkataan perkataan yang edit moderator*) yang ada dalam Bible, seperti yang Anda kutip itu, bukanlah berasal dari Jesus. Tidak mungkin Jesus melarang perajaman sebagai hukuman, tidak mungkin Jesus mewajibkan pemberian maaf, dan tidak mungkin Jesus berkata bahwa yang suci lah yang akan melempar batu untuk pertama kalinya. Pada titik tertentu dalam paragraph Anda, Anda menulis,
        “kalau saya lebih “sreg” dengan ajaran Tuhan saya. ya silakan anda dapat berdalih bahwa alkitab yg saya gunakan palsu dan lain sebagainya,, ya, kalaupun benar palsu, tapi setidaknya kepalsuan itu membawa kedamaian.”.

        Di manakah letak kekuatan dari pernyataan Anda itu? Umat manusia justru mengadakan lembaga peradilan, yang direstui Islam, dan ditentang oleh Bible. Umat manusia justru membutuhkan para algojo yang kesuciannya tidak dipermasalahkan oleh Negara, sesuatu yang ditentang oleh Bible. Kedamaian yang mana?😀

      • lukman Says:

        hei, kalo mereka,betsaida dan kapernaum, tidak mau bertobat, ya jelas pada hari penghakiman mereka akan dibinasakan. seperti halnya seorang pelajar, jika sudah diingatkan untuk belajar sebelum ujian, namun akhirnya ia tidak mau belajar, ya jelas sewaktu ujian ia akan diuji sesuai dengan kemampuan dia. apakah bisa, ia mengharapkan nilai yg bagus dengan berharap pada belas kasihan guru, pdhl dia sendiri tidak belajar?

        hei, ada ayat di alkitab dimana murid2 Yesus ingin menjatuhkan hujan api ke kota yg tidak mau bertobat tapi kemudian dilarang oleh Yesus!
        ada juga di alkitab dimana ketika Yesus disalibkan lalu dibela oleh murid2Nya, Yesus meminta murid2Nya untuk tidak membelanya. karena kata Dia siapa yang menggunakan pedang akan binasa oleh pedang. terus Dia juga bilang, Dia bisa aja minta kepada Allah untuk mengirimkan 12 malaikat untuk melindungi Dia, tapi bukan itu tujuan Dia ada dunia.

        tau perkataan Yesus kepada orang2 yang menyalib Dia? dia meminta Allah supaya tidak menanggungkan dosa tersebut kepada mereka,, karena Yesus tidak ingin mereka masuk neraka.

        anda tau siapa yg bersih dari dosa?? Allah sendiri! jadi maksud Yesus sudah jelas, yg pantas menghakimi manusia itu hanya Allah sendiri.
        selama manusia hidup di bumi ini, ia mempunyai kesempatan yg tidak terbatas untuk bertobat. karena kalau mereka mati, mereka akan segera dihakimi. dan hasil penghakimannya itu memiliki makna kekal.

        ya silakan saja. kalau anda mencuri, lalu dihadapkan pada pengadilan, mana yg anda pilih: tangan anda dipotong atau sebuah pengampunan hukuman dengan syarat anda tidak mencuri lagi?

        ya silakan saja kalau anda suka berdendam2 ria, itu hak anda.

        biar deh orang yang membaca komen ini yang menilai.

      • pinkyangga Says:

        hei, kalo mereka,betsaida dan kapernaum, tidak mau bertobat, ya jelas pada hari penghakiman mereka akan dibinasakan. seperti halnya seorang pelajar, jika sudah diingatkan untuk belajar sebelum ujian, namun akhirnya ia tidak mau belajar, ya jelas sewaktu ujian ia akan diuji sesuai dengan kemampuan dia. apakah bisa, ia mengharapkan nilai yg bagus dengan berharap pada belas kasihan guru, pdhl dia sendiri tidak belajar?

        Ya tapi itu kan tidak relevan, penghakiman tidak berlaku bagi anda kaum kristen, semua dosa kan sudah ditebus oleh Yesus (katanya sih). Mana letak keadilannya? atau anda cuma ngambil sisi mudahnya saja, tidak ada effort, mau zina, mau membunuh, mau memperkosa, selama kalian kaum kristen, maka kalian pasti masuk surga. Ajaran macam apa itu? Harusnya setiap atom kebaikan ataupun kejahatan yang dilakukan oleh manusia baik itu muslim, kristen, ataupun yahudi, semuanya akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT. itu baru adil. Tidak ada diskriminasi, apartheid modern, rasial!

        hei, ada ayat di alkitab dimana murid2 Yesus ingin menjatuhkan hujan api ke kota yg tidak mau bertobat tapi kemudian dilarang oleh Yesus! ada juga di alkitab dimana ketika Yesus disalibkan lalu dibela oleh murid2Nya, Yesus meminta murid2Nya untuk tidak membelanya. karena kata Dia siapa yang menggunakan pedang akan binasa oleh pedang. terus Dia juga bilang, Dia bisa aja minta kepada Allah untuk mengirimkan 12 malaikat untuk melindungi Dia, tapi bukan itu tujuan Dia ada dunia.

        Lha ini, anda sendiri membuktikannya bahwa Yesus bukanlah Tuhan, kata2 meminta kepada Allah untuk mengirimkan 12 malaikat untuk melindungi dia, tapi bukan itu tujuan Dia ada dunia. Dari sini terlihat jelas bahwa Yesus adalah utusan Tuhan, seorang nabi yang mulia dan sekali lagi bukan Tuhan. Dan kalau anda berusaha untuk menjawab, Yesus mencontohkan kepada umatnya cara berdoa, itu sungguh suatu pemaksaan akal. Konteksnya berbeda saudara!

        tau perkataan Yesus kepada orang2 yang menyalib Dia? dia meminta Allah supaya tidak menanggungkan dosa tersebut kepada mereka,, karena Yesus tidak ingin mereka masuk neraka.

        Lagi-lagi, anda menampilkan statement yang justru melawan anda sendiri. dia meminta Allah sekali lagi kata-kata ini menunjukkan bahwa Yesus bergantung pada Tuhan, Allah SWT. Bukan bergantung pada dirinya sendiri. Yang pada akhirnya bisa disimpulkan bahwa Yesus Bukan Tuhan.

        anda tau siapa yg bersih dari dosa?? Allah sendiri! jadi maksud Yesus sudah jelas, yg pantas menghakimi manusia itu hanya Allah sendiri. selama manusia hidup di bumi ini, ia mempunyai kesempatan yg tidak terbatas untuk bertobat. karena kalau mereka mati, mereka akan segera dihakimi. dan hasil penghakimannya itu memiliki makna kekal.

        Kalau ini saya sepakat 100% yang berhak dan pantas menghakimi manusia itu hanya Allah SWT, dan bukan Yesus, jadi sudah jelas.

        ya silakan saja. kalau anda mencuri, lalu dihadapkan pada pengadilan, mana yg anda pilih: tangan anda dipotong atau sebuah pengampunan hukuman dengan syarat anda tidak mencuri lagi? ya silakan saja kalau anda suka berdendam2 ria, itu hak anda. biar deh orang yang membaca komen ini yang menilai.

        Ya justru itu, hukum Allah kalau tidak ditegakkan maka akan terjadi banyak kejahatan yang serupa. Disini tidak ada yang namanya dendam mendendam. Tapi ya coba rasional juga. Kalau Ibu anda diperkosa dan dibunuh oleh pencuri dan anda tahu siapa pencurinya, apa anda akan diam saja, apa anda bilang kalau pencuri itu bisa menerima pengampunan hukuman dengan syarat saja. Kalau saya sih ya tidak mau, bagaimanapun juga keadilan dan kebenaran harus tetap ditegakkan. Ibu kita!! Jangankan diperkosa dan dibunuh, dihina orang saja akan saya bela. Efek jera itu perlu dilakukan supaya orang benar2 jera. Hukum yang datangnya dari Allah pasti benar, dan kebenarannya serta manfaatnya absolut!

      • lukman Says:

        Aku dan Bapa adalah satu. Barang siapa melihat Aku, ia telah melihat Bapa.

        ya silakan lah. harimau mati meninggalkan belang.
        ketika Tuhan saya meninggalkan dunia ini, Ia meninggalkan kasih.

      • pinkyangga Says:

        Aku dan Bapa adalah satu. Barang siapa melihat Aku, ia telah melihat Bapa.

        Setuju, sama halnya dengan alam semesta, sama halnya dengan hewan dan tetumbuhan, bulan dan bintang, dan segala yang bertebaran di seluruh penjuru dunia, itu adalah tanda-tanda Kebesaran Allah SWT, bukan berarti hewan atau tetumbuhan itu Tuhan loh🙂

        ya silakan lah. harimau mati meninggalkan belang.
        ketika Tuhan saya meninggalkan dunia ini, Ia meninggalkan kasih.

        Tuhan saya tidak pernah meninggalkan dunia ini saudara lukman..
        Tuhan saya selalu ada, bahkan lebih dekat dengan urat leher kita sendiri🙂
        Allahu Akbar!!

  9. pinkyangga Says:

    lukman : karena Yesus harus menjelma menjadi manusia, agar bisa menebus dosa umat-Nya, makanya Dia bisa mati!! namun karena Dia itu Tuhan, makanya Dia bangkit pada hari yang ke-3!!
    pinky : menjelma!? ngapain Tuhan susah2 menjelma menjadi manusia untuk menebus dosa2 umat-Nya? Mikir dong!! Gunakan akal sehat saudara!! Tuhan itu tidak sama dengan manusia. Tuhan itu Maha Segala-galanya, kalau cuma mau sekedar menebus dosa, ngapain susah2 menjelma menjadi manusia, mati segala, disalib, pake acara berbangkit, kalau Tuhan mau, maka cukup dengan Kun Fayakun, jadilah maka jadilah!! (God is not that stupid)

    lukman : mas, jangan cuma kopas dari forum2 doank ya. saya bingung banyak bangat yang ngeblog bilang “Yesus sendiri ga ngakuin diri-Nya”. saia cuma bs bilang: baca alkitab
    pinky : berargumentasi itu tidak perlu bukti2, berkhayal saja, tapi kalau menyatakan kebenaran itu perlu didukung bukti2, fakta2 yang kuat dan benar!! Jujur, saya agak tergelitik dengan pernyataan saudara mengenai “baca alkitab!!!”. Apa saudara lukman yakin apa yang ditulis di alkitab itu firman Tuhan semuanya!?!?! Yakin 100%!?!??!

    lukman : yang diimani oleh kristen memang begitu mas, kami diselamatkan hanya oleh karena anugrah Tuhan, bukan karena banyaknya perbuatan baik kami. pada dasarnya yang berdosa itu ga bisa masuk surga! =)
    pinky : jadi ga ada gunanya donk berbuat baik!?!? kalau gitu berbuat dosa saja tiap hari, gitu!?!?! toh nanti juga bakalan ada yang menebus dosa!??!?! ajaran macam apa itu!?!?!!?!?!?

    lukman : apa Yesus pernah melakukan dosa?
    pinky : Ia pernah berdosa ataupun tidak jujur saya tidak tahu, tapi apakah anda tahu dan darimana anda tahu?, yang pasti sekali manusia tetaplah manusia..

    lukman : (Yesus itu 100% manusia, 100% Tuhan)
    pinky : wahai saudara lukman, maksud anda ini apa, apa anda tidak pernah belajar matematika, kalau A = 100 dan B = 100, maka A=B, jadi maksud saudara Tuhan = Manusia!?!?!? Doktrin macam apa ini!?!? Sadar bung!! Tuhan itu tidak sama dengan manusia!!!!!!

    AL QUR’AN
    ==============================
    Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa,
    Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
    Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,
    dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia”
    ==============================
    (QS.Al-Ikhlas 1-4)

  10. lukman Says:

    itu yang saya tekankan dari awal! Tuhannya orang kristen itu Tuhan yang mao menderita demi umat-Nya! jangan samakan dengan tuhan2 yang lainnya, yang ga mau ambil susah!
    saya juga baru tahu kemarin2 ini, kalo menurut agama anda ternyata yang baik ga boleh kena yang buruk2. maka sebab itu di kitab suci anda yang disalibkan adalah Yudas Iskariot, yang katanya diserupakan dengan Yesus. sekali lagi saya katakan, ini yang membedakan agama saya dengan agama anda!

    di agama saya, kami dituntut untuk rela menderita (agar kemuliaan Allah nyata di bumi ini) dan tidak mementingkan diri kami sendiri! dan kami punya teladan yang tepat, yaitu TUHAN YESUS KRISTUS!

    saya balikkan pertanyaan anda. apa anda yakin kitab suci anda 100% benar?!
    kalo anda memakai apa yang tertulis di KS anda, untuk menjudge siapa itu Yesus, saya terlebih lagi bisa menjudge nabi yang anda agung2kan itu (u-know-who). karena nabi yang anda agung2kan itu sekalipun ga disebutkan di KS saya. dinubuatkan pun tidak.

    orang yang sudah menerima anugrah dari Allah, dia tidak akan melakukan dosa lagi, karena benih Ilahi tetap ada di dalam dia (1 Yoh 3:9).

    saya coba ngelurusin pikiran anda d. anda bilang, mana ada kayu yang bisa berubah jadi tukang kayu. saya sebagai orang kristen juga setuju dengan pendapat anda. tidak ada manusia yang bisa menjadi Allah. tapi bila Allah yang (menjelma) menjadi manusia, apa itu suatu hal yang mustahil (tidak bisa) dilakukan oleh allah anda??

    “sadar bung!! Tuhan itu tidak sama dengan manusia!!!!!!”
    itu anda sendiri yang bilang. Yesus itu Allah, jadi apa mustahil bagi Allah, untuk menjadikan dirinya 100% manusia, dan 100% Allah? buat Allah saya sih ga ada yang mustahil. allah lain? kurang tau deh. =)

  11. girly Says:

    heeheeheee seruuu jugaa ya ngikutin thread ini😀 tp btw btw, jujur loh yang lukman terangin di atas, ga masuk ke hati saya, susah dilogika -peace- buat mas pinkynya, sabar aja mas toh nanti kebenaran juga yang akan menang, gawsa diladeni lagi, sabar😀

  12. lukman Says:

    @girly: semuanya hanya karena kasih karunia-Nya. =)

  13. nitNot Says:

    haLah..
    dipikir aja secara Logika..
    saya rasa pernyataannya pinky sudah Logis,, dan pernyataanmu Lukman gak bisa dinaLar dg Logis..

    apaLagi pernyataan iniy..
    “Yesus itu Allah, jadi apa mustahil bagi Allah, untuk menjadikan dirinya 100% manusia, dan 100% Allah?”
    di sekoLah anda pernah beLajar kaLkuLus kan..
    kLu Yesus 100% manusia dan 100% Tuhan,, brarti menurut anda Tuhan = manusia..
    Logis gak tuw??
    100% tuw yah brarti hanya msk ke daLam satu jenis aja..

  14. ini bukan ttg agama... Says:

    waduh, heran gw melihat loe-loe yang ada disini…
    kyak penjual kecap aja.
    yg mengatakan kecap gw no 1 .

    pada mengklaim kebenaran masing2.
    sampai mulut berbusa, sampai akhir jaman pun perdebatan spt ini tidak akan membuahkan apa-apa.

    perdebatan seperti ini telah berlangsung dari jaman dahulu yang di turunkan sampai sekarang.
    ga capek loe smua ???

    kasihan banget gw sm loe smua, masih aja mau berdebat ttg hal yg serupa dari persoalan yg terjadi pada jaman dahulu kala.
    tp inilah manusia, sok tau dgn konsep kebenaran masing-masing.

    kasihan gw sm generasi selanjut nya yg akan mewarisi perdebatan-perdebatan serupa yg tiada berhenti nya…

    didalam pikiran gw skrng, Yesus dan Muhammad yang loe percayai bs jadi tertawa atau sedih melihat manusia seperti loe semua…

    mereka berdua pasti lagi seru-seru nya maen catur dan tidak perduli melihat kebodohan manusia yg berdebat spt loe semua…

  15. David Simamora Says:

    buat kami (Kristen), lucu kalau kami membela diri, karena Tuhanlah yang akan membela kami. (kalo dilogika kan, ga masuk akal ya.)

  16. chrispinus Says:

    Suguhan bacaan yang lumayan menarik.
    Tapi benarkah ini tulisan anda yang mungkin anda buat setelah melakukan beberapa perbandingan?
    Kalau benar ini tulisan anda, tolong perbanyak lagi pertimbangannya. Atau lebih pasnya, adilkan cara pertimbangannya..
    Kenapa saya berkata adilkan cara pertimbangannya? Dalam bacaan pada paragraf 6, ada penjelasan tentang ‘roh keyahudian’, Michael menyimpulkan : “Mengapa seseorang yang dilahirkan dalam agama tertentu harus tetap memeluk agama itu meski jika seseorang itu menemukan bahwa keyakinan yang dianutnya salah?” sehingga dia tidak memilih Yahudi. Apakah dia tidak tau akan konsep ‘Kafir’ yang sangat ditonjolkan agama Islam?
    Mungkin masih banyak lagi yang bisa dibandingkan. Tapi saya hanya sedikit tau tentang ini semua.

    Untuk permasalahan Yesus menjadi Tuhan. Anda berkata bagaimana bisa kursi kayu menjadi tukang kayu. Secara tidak langsung, anda membatasi kinerja Tuhan anda, mas angga (bisa saya panggil demikian?). Menurut saya tentang Tuhan, Tuhan bisa melakukan segalanya. Bahkan mati sekalipun. Tapi Dia tau kapan Dia memaksakan kehendakNya dan tidak memaksakan kehendakNya.

    Untuk permasalahan Al kitab dan Al Quran.
    Saya tidak tau apakah zaman sekarang ini masih ada perubahan yang terjadi pada Al kitab. Tetapi yang saya tau, perubahan yang terjadi pada Al kitab digubah berdasarkan sejarah Yesus dan keKristenan itu sendiri.
    Mungkin Al Quran anda tidak mengalami perubahan. Tapi agama anda melalui ulama-ulamanya berusaha menambah norma-norma yang ada pada agama anda melalui fatwa-fatwa yang dibuat. Secara tidak langsung menambah pengertian Al Quran walaupun tidak tertulis di Al Quran. Mungkin karenanya saya takjub dengan perkembangan pengikut agama anda yang datang dari berbagai golongan.

    Agama tercipta agar terjadi sebuah keteraturan dalam hidup. Norma-norma yang tercipta didalamnya juga dibuat untuk membentuk relasi yang baik dan/atau benar antara manusia-manusia, manusia-alam, manusia dan Tuhan. Namun ketika kepentingan kelompok masuk kedalamnya, akan terjadi perpecahan-perpecahan.
    Baiklah kita mengatur pribadi kita terlebih dahulu, kemudian orang terdekat/tersayang kita. Biarlah Tuhan yang melakukan lebihnya.

    Terimakasih untuk suguhan bacaannya..

  17. ina Says:

    yah.,,.klo pinky mmbahas kepercayaan orang dan mo dikaji dari sisi logika dan analisa2–> g ada abisny dan g relevan kalee y,..,.

    hanya ingin sedikit komentar tentang konsep trinitas: jika ingin membahas hal tersebut.,.,pikiran manusia biasa tidak akan cukup untuk memahaminy

    dan secara umum saya menghargai pendapat pinky dan saya pun juga menghargai penganut agama lain(dengan tidak perlu membandingkan satu sama lain)

    ps:saya penganut katolik
    apapun kepercayaan anda.,.yg terpenting adalah kelakuan anda dalam kehidupan sehari2
    sama saja bohong jika anda seorang kristiani tpi tidak pernah melakukan ajaran kasih, bgitu pula utk yg lain
    karena saya percaya setiap kepercayaan pastilah mengajarkan hal yang baik pada penganutnya,.,.tergantung bagaimana manusianya

  18. Oliver Says:

    ” lukman : karena Yesus harus menjelma menjadi manusia, agar bisa menebus dosa umat-Nya, makanya Dia bisa mati!! namun karena Dia itu Tuhan, makanya Dia bangkit pada hari yang ke-3!! ”

    I dont get it.. why a God would do such a drama?? why? to impress the humankind ? or because He’s bored up there?
    your God is very funny..and also, very human, coz obviously,He needs attention =)) (ummm well, you know, God is almighty, He can do whatever He wants with a single snap, I wonder that your God can’t even get “attention” , hihi)

    peace-love-respect

  19. lukman Says:

    @oliver: baca lagi d yg atas2. c mas pinky jg udah prnh blg, knp ga lgsg: “Kun Fayakun” aja. udah saia jawab kog di atas. =)

  20. lukman Says:

    oliver: I dont get it.. why a God would do such a drama?? why? to impress the humankind ? or because He’s bored up there?

    ga bosen2 saia bilang, “semuanya hanya oleh karena kasih karunia-Nya aja”. =)

  21. oliver Says:

    hehehe.. I know I know, just expressing my thought…

    wah enak ya , dosa uda ada yang nanggung & nebus.. bisa berbuat dosa seenaknya..pantesan di amerika & eropa sono perzinahan uda dianggap wajar.. ga ada yang ngelarang si…
    hehehe

  22. lukman Says:

    @oliver: grow up, kid. =D

  23. oliver Says:

    ha? Am I lying? or that’s just the fact?
    maybe it is you that should grow your consciousness..
    Your presence of mind is definitely not on the right track,
    sorry to say😦

  24. protoss Says:

    Klasik..

    pertama, sbuah topik mengenai perbandingan agama, yang tentu saja ujung2nya membenarkan agama yang dianut penulisnya.

    kemudian, beberapa tanggapan masuk yang bisa dihitung dengan jari, ditanggapi oleh si penulis.

    selanjutnya, arah diskusi makin tidak terkontrol, dan si penulis pun mulai bosan atau cape sehingga tidak menanggapi lagi, dan yang tersisa hanyalah saling menghujat antara pengunjung blog, dimana pada akhirnya akan meningkatkan page-view si pemilik blog, yang ujung2nya duit juga, lewat adsense dan semacamnya.

    pesan moralnya: untuk cepat menaikkan rating halaman anda, start topik perbandingan agama, makin menghujat makin aseek dan maknyus pendapatan iklan nya.

  25. philophia Says:

    Senada dengan saudara pinkyangga…
    Tuhan itu tidak sama dengan manusia…
    Materi Tuhan itu tidak sama dengan Materi Manusia…
    Selamanya Seorang Pencipta Robot tetaplah Pencipta Robot…
    Robot pun selamanya pula akan menjadi Robot…

    Tuhan orang kristen yang dalam hal ini disebut sebagai Yesus…
    Adalah manusia biasa yang di-Tuhankan…
    Saya juga mengerti apa2 yang saudara2 kristiani imani…
    Tuhan juga!! itu tidak salah…tapi yang salah adalah perjalanan sejarahnya….
    Dan pengaplikasiannya…Sampai anda mengimani Trinitas (yang dari awal penyebarannya tidak ada!!)
    Awalnya Isa itu hanyalah manusia biasa…yang kebetulan diutus…
    Dan diberi beberapa keajaiban oleh Tuhan…untuk menyebarkan ajaranNya…
    Dan ia pun memiliki murid-murid…yang ia bimbing…
    UNTUK mengimani Tuhan…
    DAN BUKAN untuk mengimani DIA SENDIRI!!! (ISA / YESUS) sebagai Tuhan…
    Awalnya murid2Nya pun masih mengimani TuhanNya Isa / TUhannya Yesus sebagai Tuhan pada waktu itu..
    Seiring berjalannya waktu dan dengan adanya pembantaian kaum nazarean (para pengikut Isa/Yesus yang masih murni, mengimani Allah (Tuhan Yang Maha Esa / Bukan Tuhan Yang memiliki Tiga Pribadi)..
    Para pimpinan gereja mulai mengadakan pendustaan besar-besaran dalam agama,,,
    Hanya demi mengejar jumlah pemeluk agama kristen di eropa para pemimpin gereja rela membuat dusta, berbohong, membuat suatu ajaran baru, dengan TRINITAS sebagai senjatanya, yang mana TRINITAS adalah faham/ajaran yang bisa diterima pada saat itu.
    Dengan mengangkat Yesus sebagai Tuhan, dengan Mengganti hari lahir Yesus pada 25 Desember sama dengan kelahiran dewa matahari, dll. Hal ini benar2 pembodohan secara pemikiran….

    “Tetapi jika kebenaran Allah oleh dustaku semakin melimpah bagi kemuliannya; mengapa aku masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa? (Roma 3:7) “.

    Itulah pekerjaannya para pemimpin gereja yang menganggap kita (selain kristen) sebagai domba tersesat…
    Pekerjaannya adalah membuat dusta, membuat pembenaran2 seenaknya sendiri…
    Dulu di bibel dikatakan bahwa bumi itu datar…begitu ilmu pengetahuan semakin maju…
    Bibel pun direvisi dan didalamnya dikatakan bila bumi itu bundar….
    Tapi akhir2 ini pernyataan itu juga salah…
    Ilmu pengetahuan saat ini mengatakan bahwa bumi itu lonjong…
    Dan ya, bibel akan direvisi lagi, who knows!?

    Jadi temen2 harap membuka hati dan pikiran lebar2…
    Bibel kalian itu jelas2 tidak murni…
    Sudah tercampur oleh buah pemikiran manusia…
    Bibel kalian sudah tidak 100% firman Tuhan…
    Lalu bagaimana anda bisa beragama dengan sempurna!?
    Sementara way of lifenya saja sudah amburadul!?!?

    Apa dusta para pemimpin gereja itu yang anda jadikan way of life!?
    kalau iya ya silahkan saja, lha wonk kitab suci aja ndak punya…😀😀😀

  26. dewani Says:

    ketika saya bertanya pada kucing, “Gimana sih rupa tuhanmu”
    “ya seperti kucing !!!”, jawabnya dengan marah

    ketika saya bertanya pada kutilang, “Gimana sih rupa tuhanmu”
    “ya seperti kutilang gini…”, jawabnya sambil bersiul …

    ketika saya bertanya pada kambing, “Gimana sih rupa tuhanmu”
    “ya seperti kambing, berkaki empat!!!”

    nah teman kristianiku aku bertanya pada kalian “Gimana sih rupa tuhanmu
    ?” apakah sama seperti manusia, berkaki2, bermata2, bertelinga2,
    berambut, berjalan dengan kaki, gak bisa terbang? dsb….
    jawab ya …?

    kalo dalam islam tuhan gak bisa disamakan dengan
    makhluqnya(ciptaannya), ia mempunyai sifat dan dzat yang berbeda dengan
    ciptaannya…

  27. gusdur Says:

    Oke..cuma pengen ngucapin met dialog aja..
    Tapi harus dengan cara yang baik lo yah..dan jangan menyebabkan perpecahan..

    Btw, mari bergabung di blog ini : http://www.secretsocieties.wordpress.com

    Kita akan disuguhkan berbagai macam konspirasi yang mengancam dunia. Semua agama akan dimusnahkan, termasuk Yahudi, Nasrani dan Islam. Semua orang akan tunduk pada satu pemerintahan tunggal, di bawah kekuasaan Sosialis-Zionis..

  28. Stefy Says:

    yang masih mau debat, contact me at:
    0818324676

  29. yesus-tuhan Says:

    Menurut umat Kristiani Yesus adalah tuhan yang berinkarnasi / menjelma menjadi manusia, agar manusia dapat berkomunikasi secara langsung dan percaya akan firman-firman Tuhan. Tetapi anehnya Yesus tidak pernah mengatakan ?Akulah tuhan yang menjelma menjadi Yesus?.

    Mereka meyakini bahwa kelahiran Yesus yang ajaib, yaitu tanpa campur tangan seorang bapak adalah sebagai bukti bahwa Yesus memang tuhan, dalil ini sungguh-2 teramat dangkal dan lemah, karena nabi Adam yang lahir jauh lebih ajaib, yaitu tanpa campur tangan seorang bapak sekaligus tanpa campur tangan seorang ibu mereka tidak menjadikan nabi Adam sebagai tuhan, padahal kalau memang alasan kelahiran yg ajaib sebagai bukti Yesus adalah tuhan, maka Adamlah yang lebih patut disebut tuhan daripada Yesus.

    Kemudian umat Kristiani juga meyakini bahwa lemukjizatan-2 yang dilakukan oleh Yesus antara lain menghidupkan orang mati, membuat orang buta dapat melihat dan lain-lainnya adalah sebagai bukti bahwa Yesus adalah Tuhan, dalil ini juga teramat lemah dan dangkal, karena nabi Musa yang mendapatkan mukjizat-2 lebih dasyat yaitu dapat membelah laut dan membuat ular dari seutas tali ternyata mereka tidak menjadikan nabi Musa sebagai tuhan, padahal kalau memang kemukjizatan-2 yg dilakukan oleh Yesus sebagai bukti Yesus adalah tuhan, maka Musalah yang lebih patut disebut tuhan daripada Yesus.

    Apapun keistimewaan-2 yang ada pada diri Yesus tidaklah membuktikan bahwa Yesus adalah tuhan, leistimewaan-2 tersebut semata-mata ada-lah atas kehendak dan izin Allah semata.

    Dalam kitab Taurat, Injil dan Al-Qur?an Allah SWT telah memperkenalkan diri-Nya bahwa Dia adalah Tuhan, sehingga manusia mempunyai dalil secara pasti siapakah Tuhan yang harus diimani dan disembah.

    Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: “Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku. Taurat : Yesaya 44:6

    ?…bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.? Injil : Markus 12:31

    ?Katakanlah:”Dialah Allah, Yang Maha Esa”. QS. 112:1

    Kalau Yesus tuhan, seharusnya ada dalil yg menunjukkan bahwa Yesus pernah mengaku dirinya sebagai tuhan dan juga harus ada dalil yg me-nunjukkan bahwa Yesus pernah memerintahkan untuk disembah. Ternyata, tidak ada satu ayatpun bahwa Yesus pernah menyatakan ?Akulah tu-han Yesus? atau ?Sembahlah Yesus?. Bila demikian, maka sudah cukup untuk mengatakan bah-wa Yesus bukan tuhan.

    Bahkan banyak sekali ayat-2 yg menunjukkan sebaliknya, yaitu Yesus mengaku dirinya hanyalah seorang nabi utusan Allah,

    ?Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.? Yohanes 17:3

    Lebih lanjut Yesus justru memerintahkan umatnya untuk menyembah dan berbakti hanya kepada Allah saja,

    ?Yesus berkata kepadanya: “Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!? Lukas 4:8

    Dalam Al-Qur?an juga menegaskan bahwa nabi Isa as bukanlah tuhan :

    ?Sesungguhnya telah kafirlah orang-2 yang berkata:”Sesungguhnya Allah ialah Al-Masih putera Maryam”, padahal Al-Masih (sendiri) berkata:”Hai Bani Israil, sembahlah Allah Rabbku dan Rabb-mu”. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengha-ramkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.? QS. 5:72

    Sekian ulasan ?Yesus bukan tuhan? yang cukup teramat singkat, semoga menambah keimanan kita, amin.

  30. van Says:

    klo bukan DIA jln kebenaran dan hidup siapa yg akan mengadili manusia pd akhir zaman.dan pengenalan tentang ketuhanan?mungkinkah! manusia mengenal Tuhan nya.selain dari pada Tuhan nya sendiri yg mennyatakan bahwa akulah jln kebenaran yg hidup jikalau tdk melalui Aku tdk akan sampai kepada Allah bapa di sorga, mungkin ini yg bisa dikatakan tritunggal. bahwa di katakan Aku di dlm Bapa dan Bapa di dlm Aku/ dan jikalau dia manusia biasa atau nabi sekalipun.mungkinkah? dia berani berkata semacam itu yg akan meyesatkan ratusan juta jiwa penganut nya. trim”s

  31. oky Says:

    pusing liat nih thread .. si pink juga nulis masalah agama ,, kalo ada yang tersinggung dan diperdebatkan tidak akan ada ujungnya,, semua pasti bertahan membela agama yang dipeluk ,, (kyk si lukman GJ)

    benernya mau membahas lebih lanjut .. tp percuma ntar pasti muter2 lagi komentnya ..

  32. oky Says:

    buat “yesus-tuhan”
    analisanya cukup bagus dan sudah ccukup membuka mata umat kristiani .. (tp percuma kalo matanya kebuka, tp hatinya tertutup rapat dengan alasan alasan yang tidak jelas darimana alasan itu muncul )

  33. nana Says:

    Duh parah, kok jadi ngebahas agama. Walau sebenarnya saya sendiri seorang ‘deserter’ di ajaran Kristen (maklum pemalas) tapi ada banyak hal yang membuat saya tidak bisa berpindah kepercayaan akan Yesus (walau teman pada muslim semua). Mau kesaksian aja ya, kalo dulu pas masih smp kakak dari gembala gereja (cewe lho masih muda) yang imannya kuat banget diajak jalan-jalan sama Yesus di surga (ini bukan mimpinya dia lho ya tapi beneran terjadi dan dia bukan satu2nya yang pernah diajak ke surga), dan tentu saja dia juga tidak sedang berbohong (karena haram hukumnya orang Kristen berbohong bahkan untuk alasan “demi kebaikan” sekalipun). Ada juga pengalaman seorang pendeta indonesia yang diundang jadi pembicara di luar negeri (padahal dia g bisa english lho), alhasil di mimbar dia pasrah aja sama Tuhan dan kotbah pake ‘basa indonesia’ sepanjang acara dan anehnya para pengunjung bule pada ngerti apa yang dia omongin (waktu ditanya mereka jawabnya “What? But the priest has been talking in English”, kalo g salah kata mereka). Jadi ingat cerita di Alkitab tentang bagaimana Tuhan bisa membedakan bahasa manusia (dan ternyata Tuhan juga bisa menyatukannya). Ada juga di gereja Nginden Surabaya saat para jemaat yang lagi muji Tuhan dari tangan mereka keluar butiran emas, yang ini gua hadir lho walau g ada emas keluar dari tanganku sih (maklum iman gua emang kurang). Dan sekadar info, 3 kejadian itu belum apa2nya dibanding puluhan (yg kutau kebetulan masih puluhan walau mungkin aslinya ribuan) mukzizat lain yang pernah dialami umat Kristiani. Setahuku tidak ada agama lain yang Tuhannya se-peduli ini untuk campur tangan dalam kehidupan umat-Nya. Makanya tidak peduli ada film Davinci Code kek ato buku tentang mukzizat air karangan profesor Jepang sekalipun kek (menurutku malah itu setannya yang nyoba menyesatkan lewat alasan ‘ilmu pengetahuan’) aq tetap g bisa pindah agama selain Kristen. Kalo masalah kenapa Tuhan kudu mati demi manusia, karena jelas2 Tuhan berkata “Upah dosa adalah maut” (kayanya itu jadi semacam perjanjian Tuhan dengan Lucifer) jadi g mungkin dong Tuhan ingkar sama kata2-Nya sendiri. Kalo mau selamat dari dosa kudu bayar pake darah dong! Kalo harga surga bisa ditebus dengan sekadar berbuat baik kok malah kesannya “MURAH BANGET!”, kalo di Kristen bayarnya pake kematian bro (Ini yang mahal), cuma karena udah dibayarin ma kematian Yesus (so, kita jadi g perlu ikut bayar) makanya terkesan murah. Padahal aslinya mahal banget lho, ingat itu dibayar pake darahnya Tuhan, bukan darah manusia (yang notabene murahan). Salam Damai.

  34. mantan_kristen Says:

    ehm, sebelumnya saya sampaikan terima kasih kepada saudara pinky yang memposting cerita tentang kebenaran. Perkenalkan saya adalah seorang laki2 mantan_kristen dua tahun yang lalu. Awalnya saya dulu adalah seorang kristen sejak lahir, namun saya beralih menjadi muslim sejak muncul beberapa pertanyaan-pertanyaan yang saya tidak bisa jawab dan tidak bisa saya jawab sewaktu menjadi kristen..

    1.kenapa ya ada banyak alkitab?
    2.kenapa ya isinya banyak yang bertentangan?
    3.kenapa ya tidak ada bahasa alkitab yang asli, kok hanya terjemahan?
    4.kenapa ya tidak ada manusia di dunia ini dari dulu hingga sekarang bisa hapal alkitab?

    jawabannya ialah : yah gak bisa lah dihapal, wong ada revisinya di waktu2 tertentu, misalnya perjanjian lama, perjanjian baru, revisi versi negara hahahahhahahah….masa firman tuhan direvisi manusia.. malu lah kalau masih yakin dengan otentiknya alkitab..

    sejak saat itulah iman saya goyah dan saya pindah agama ke hindu. Namun sama saja, di agama ini saya kurang sreg dengan konsep ketuhanannya. Lalu berlabuhlah saya ke agama islam. Dalam islam, tidak ada doktrin aneh2 yang perlu kita cerna, semuanya sederhana, dan mampu untuk kita nalar secara sempurna. Salam🙂

  35. mualaf Says:

    Sebuah Kesaksian Dari Kami para mantan Gembala dan Himbauan untuk Gembala lainnya yg belum bertaubat. Pengantar kami adalah sekelompok Pendeta yang telah bertobat kepada Tuhan Allah dengan sesungguhnya. Dahulu kami adalah umat agama dari 4 kelompok besar agama di luar Katolik & Kristen. Dulu kami masuk Kristen karena tertarik dengan nilai nilai ajaran kasih dalam Kristus & janji keselamatan Nya yang akan mengahantar kita semua masuk kerajaan surga dengan penuh kepastian. Walau akibat iman Kristus ini kami harus menerima fakta dikucilkan keluarga kami, kami terima semuanya dengan lapang dada waktu itu, apalagi penghiburan para Gembala Gereja selalu menyatakan orang tua kami, keluarga klami, teman teman kami & orang orang diluar Kristen adalah orang berdosa yang sesat dalam iman. Mereka adalah para penyembah setan & kitab sucinya diturunkan oleh Raja Iblis!. Kami sangat mensyukuri wejangan para Gembala Tuhan ini.

    Apalagi setelah dibaptis, kami sangat diperhatikan, kami disekolahkan di Sekolah Misi Alkitab di kawasan Blok M Jakarta, selama 6 bulan saja & kami lulus dengan menyandang gelar Sarjana Theologi. Karena kami orang bertobat, sekolah Misi Alkitab cukup ditempun 6 bulan saja, tidak perlu bertahun tahun seperti yang lainnya. Kami juga diberi uang saku bulanan yang lebih dari cukup, jauh berbeda ketika kami masih dalam agama kami dulu, hidup serba kekurangan & miskin. Bahkan pada saat awal kemurtadan kami ini, kami diundang untuk berceramah keliling Indonesia. Walaupun kami bukan mantan Ulama, Bikhu atau Pandhita, kami mengaku kepada umat bahwa kami adalah mantan pemuka agama, di Sekolah Misi Alkitab kami diajarkan untuk berperilaku & menghapal beberapa bacaan doa agama kami dahulu untuk memberi kesan bahwa kami benar benar bekas pemuka agama.

    Bahkan Gereja membantu membuatkan kami ijasah ijasah palsu, surat surat keterangan & dokumen yang diperlukan untuk membuat bahwa kisah kesaksian kami adalah benar adanya. walaupun kami bukanlah bekas pemuka agama. Bahkan teman kami yang Islam sampai dibuatkan foto repro yang sangat hebat, dia memakai sorban & berjubah panjang, lalu di fotonya dibuat seolah pernah berfoto bersama beberapa tokoh Islam terkemuka seperti Mubaligh Kondang KH Zainuddin MZ & KH. Abdurrahman Wahid segala!. Kami juga disuruh menandatangani sebuah surat kesaksian yang panjang yang dipersiapkan oleh para staf Gembala Tuhan Bapak Ev. Soeradi Ben Abraham, dimana disana kami membuat kisah kesaksian yang akan dibukukan & disebarluaskan dikalangan domba domba Gereja.
    Waktu itu kondisi di atas kami terima saja, mau bagaimana lagi?, kami sudah tak punya siapa siapa lagi!, tak punya harta & penghasilan, menjual iman ini adalah pilihan hidup yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak?, kami keliling Indonesia, bahkan sampai ke negara tetangga Singapura segala, naik pesawat kelas bisnis, menginap di hotel berbintang, memakai jas mewah, dielu elukan orang banyak seperti artis, masuk koran & majalah rohani, & menerima pendapatan bulanan yang sangat besar!, siapa yang tak ingin, tokh kami pikir waktu itu, murtad ini jauh lebih baik dibanding kami jadi pencuri, pembunuh atau germo lokalisasi!.

    Entah berapa ratus kali kami berdusta, disetiap KKR yang kami ikuti secara terpisah, dimana ada skrenario yang disiapkan Gereja, kalau berlabel penyembuhan Ilahi, para Pendeta berdoa memanggil Roh Roh Jahat & menyuruh beberapa dari para pelayan Gereja untuk berpura pura menjadi jemaat yang sakit!, & saat acara penyembuhan Ilahi dia harus berpura pura sakit parah & mendadak sembuh ketika diurapi oleh kami.

    Ya Tuhan ampunilah dosa masa lalu kami, ini kan tak lebih dari gaya tipu tipu tukang obat pinggir jalan?!. Bahkan Jemaat terlihat sangat histeris, sampai ada yang berteriak histeris & berjingkrak jingkrak segala, mirip sekali acara nonton konser musik rock brutal yang ditonton para ABG, atau mirip suasana orang orang yang tripping di Diskotek & Pub!!. Bahkan sehabis acara KKR ada seorang jemaat wanita muda yang menghampiri rekan kami Ev. Andi Widjaja (yang paling ganteng diantara kami), menyatakan diri siap melayani dia, karena yakin bahwa persembahan tubuhnya yang molek itu adalah untuk melayani jiwa para roh kudus yang menyertai kami. Bung Andi lalu bilang, “kalau begitu ayo ikut ke kamar saya”, wanita itupun mengikuti beliau & melayaninya sehari penuh hingga 5 ronde. Kami tahu persis cerita ini karena kamipun memperoleh giliran menggarap wanita wanita jemaat serupa ini diberbagai kesempatan KKR keliling Indonesia.

    Hampir selama 6 (enam) tahun melayani domba domba Gereja dalam rangkaian KKR yang melelahkan, menimbulkan kejenuhan di hati kami. Kadang kami berempat kongkow kongkow di Mc. Donnalds Sarinah Thamrin & saling bertukar cerita..lalu jalan bersama keliling kota. Kami tak mungkin ke Kafe atau tempat hiburan malam, Diskotik sambil tripping & nyabu segala!, karena menurut kami hal ini tak baik untuk pekerjaan kami sebagai Pelayan Gembala Tuhan, walaupun rekan rekan gembala lainnya sering melakukan hal itu, kami bahkan sering dibilang kolot & kampungan oleh teman teman Pendeta lainnya, akibat tidak ikut tripping & nyabu bersama rekan gembala lainnya. Bahkan beberapa rekan Gembala yang sekarang terkenal seperti Gilbert Lumoindang konon, menggunakan Shabu Shabu & menenggak 1 butir pil Ectassy sebelum memimpin kebaktian di GL Ministry!.

    Menurut beliau Shabu Shabu & pil Ectassy adalah sarana jiwa untuk dapat bertemu dengan Roh Kudus & agar Roh Kudus itu selalu mengilhami kita (katanya)! . Itulah sebabnya kenapa para Pendeta & Pengkhotbah Kristen selalu energik & tampil penuh percaya diri disetiap Kebaktian ataupun KKR, karena mereka menggunakan dopping berupa pil Ectassy atau Nyabu terlebih dahulu, bahkan terkadang keduanya sekaligus!!

    PENYEBAB KESADARAN & PERTOBATAN KAMI Bermula dari cerita rekan kami Bung Nico (Nicolas), perihal tetangga barunya yang mengadakan kursus TPA bagi umat Islam, Bung Nico awalnya gusar sekali, karena anak anak kecil Islam itu selalu membaca surat Al Kafiruun, yang dia tahu persis artinya, dia piker nih tetangga gue nyindir gue kali..awas aku murtadkan semiuanya!! & Bung Nico bersumpah untuk mewartakan kabar gembira Cinta Kasih Yesus itu kepada mereka.

    Bung Nico suatu waktu memberanikan diri bertemu para pengajar TPA itu, lalu berkata: mari kita buktikan siapa hamba Tuhan sebenarnya, para pengajar itu Cuma tersenyum: “maaf kami tak melayani ajakan anda”, Bung Nico bilang: “Kalian pengecut”Mereka jawab: “Siapa bilang, kalau Bung Nico memaksa silahkan mulai dengan anak anak itu saja”Bung Nico Menjawab: “Tapi saya nggak nanggung akibatnya ya..?”

    Lalu Bung Nico mengumpulkan anak anak kecil itu, dia bercerita tentang kisah pengorbanan Tuhan yesus.. anak anak itu mendengarkan dengan seksama.. tapi kemudian apa yang terjadi..? Anak anak itu tertawa terbahak bahak semua & seorang anak kecil berusia 10 tahun lalu memberikan pertanyaan pertanyaan yang sangat sulit & balik menjelaskan apa itu Alkitab & sejarahnya serta siapa Yesus sesungguhnya. .

    Bung Nico terpana!, lalu pulang dengan perasaan malu.. semenjak itu penjelasan anak kecil itu selalu membayang dipikirannya. . lalu dia coba baca Alkitab secara urut, suatu hal yang sangat dilarang oleh Gereja karena bisa menyesatkan iman!. Diketemukanlah ayat ayat yang sangat membingungkan. . Bung Nico juga lalu ingat ayah ibunya & teman teman lamanya, kalau dipikir pikir sangat beda sekali dengan rekan rekan gembalanya di Gereja.

    Kami berempat lalu berdiskusi dari hati ke hati, eh ternyata semua juga mempunyai pikiran & perasaan yang sama, sepertinya kita semua hidup dalam keimanan yang semu, kami adalah gembala gembala umat, tetapi yang kami jalankan hanyalah dusta & kepalsuan yang ditawarkan kepada orang orang yang haus akan kesegaran rohani..!!
    Sejak saat itu, kalau memimpin KKR & Kebaktian, kami rasanya ingin muntah & berteriak kalau ada yang membacakan kisah kesaksian palsunya, bagaimana tidak palsu?, Kalau ada seorang bekas pencopet beragama Islam yang seumur hidupnya tak tahu ajaran Islam & tak pernah bersekolah agama, dengan lantang menyatakan dirinya mantan calon Ustad?, padahal kisah karangan itu kamilah yang menyusunnya. ?!. Kisah kisah kesaksian palsu karangan kami bahkan sudah banyak yang dibukukan, beberapa kami lihat sepertinya pernah dikutip lalu diposting disini.

    Lalu secara sembunyi sembunyi kami berkunjung ke rumah ustad M. Hanafi tetangganya Bung Nico (Ev. Nicolas Albert Gerungan), kami utarakan kegundahan hati kami.. sungguh ajaib & mengejutkan pertanyaan Ustad Muda ini, dia tidak langsung menyodorkan 2 kalimat Syahadat untuk kami baca, tetapi menyuruh kami untuk mulai merenungkan & mohon petunjuk Tuhan..! Dia juga Tanya apa agama asal kami & menyarankan untuk menjalin tali persaudaraan kami dengan bekas keluarga kami yang sekarang mengucilkan kami.

    Akhirnya Bung Nico yang pertama memutuskan kembali masuk Islam, sementara itu rekan Ev. Vincentus Rahardi Sudjatmiko (Gembala Kristen Pantekosta bertobat kembali ke agama Budha), memutuskan untuk mengunjungi orang tuanya & kemudian dikirim ke sebuah Vihara di kawasan Pondok Cabe, rekan Ev. Gede Astra Suartiasa (Gembala Kristen Protestan bertobat kembali ke agama Hindu) mendatangi sebuah tempat sembahyangan agama Hindu di rumah seorang pelukis Bali dikawasan Bintaro & rekan Ev. Andi Widjaja (Kristen (Gembala Gereja Nehemia) bertobat kembali ke agama Kong Hu Chu), mendatangi Kelenteng di Kawasan Glodok yang baru dibuka kembali. Hampir selama 2 bulan kami jarang bertemu lagi, kami juga secara mendadak memutuskan untuk tidak akan kembali lagi ke Gereja kami.

    Bayangkan, betapa geramnya para pengurus Gereja, mereka mencari kami ke mana mana!. Teror lewat HP pun gencar dilakukan, mereka pertama tama hanya marah masalah jadwal jadwak Kebaktian & KKR yang jadi berantakan, tetapi ketika! kami secara terpisah menyatakan kami tak mau kembali lagi ke Gereja & akan kembali bertobat ke agama asal kami, terorpun dimulai, mulai dari telepon gelap hingga upaya intimidasi secara fisik melalui teror teror. Kenyataan ini membuka mata hati kami, betapa jahatnya mereka ini, jauh lebih kejam dibanding keluarga, orang tua & teman teman kami yang hanya membenci & tak mau kenal lagi dengan kami ketika kami dibaptis, tetapi kaum Kristen bekas Gembala & Domba kami sangat murka sekali & berencana menghabisi kami segala. Akhirnya kami memutuskan untuk bertobat secara terpisah & kembali ke agama masing masing.

    Walaupun bekas Pendeta, kami tidak serta merta bisa menjadi pemuka agama. Bung Nico sekarang ini digembleng di sebuah pondok pesantren di kota Sukabum, rekan Gede sekarang sedang digembleng oleh seorang Pandhita di kawasan Ubud Bali, rekan Rahardi sekarang sedang bertapa & belajar agama di sebuah rumah ibadah Budha d Pondok Cabe Ciputat, sedangkan rekan Andi sekolah agama Kong Hu Chu di luar negeri, yaitu di Taiwan.

    TINJAUAN PANCASILASeminggu yang lalu, di awal bulan Maret 2001 ini, via internet kami berdiskusi tentang Krismon & krisis negara Indonesia, lalu nyerempet nyerempet masalah iman kami & masalah Pancasila & Bhinneka Tunggal Ika. Kami lalu baca Pancasila & terkejut ketika membaca Sila Pertama Dasar Negara Indonesia berbunyi: KETUHANAN YANG MAHA ESA…

    Ini berarti bahwa sesungguhnya konsep Ketuhanan yang diakui oleh bangsa Indonesia adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, tiada beranak & tiada diperanakkan, tiada beroknum ataupun bersekutu dengan unsur apapun. Artinya tiada Tuhan selain Allah. Jadi agama yang punya konsep Ketuhanan yang semu seperti Kristen dengan konsep Allah Tritunggal Yang Kudus dalam dogma Trinitas, jelas jelas bertentangan dengan konsep dasar negara Indonesia…
    Kenapa agama Kristen dibiarkan keberadaannya? , mungkin inilah perwujudan dari rasa & jiwa besar para pemimpin bangsa Indonesia. Dilema ini sama seperti pengakuan kita akan eksistensi para penganut aliran kepercayaan, animisme & komunis. Keberadaan agama Kristen sama & sejajar dengan agama animisme, aliran kepercayaan & komunis yang kita perkenankan keberadaannya di bumi Indonesia!.

    Bahkan agama Kristen kedudukannya jauh lebih rendah & lebih hina dibanding agama Budha, Hindu & Kong Hu Chu sekalipun, karena dalam ketiga agama ini, walaupun mereka memiliki konsepsi sbb: Manusia utama Sidartha Gautama dalam ajaran Budha, tetapi di atas Sidartha Gautama ada Tuhan Maha Kuasa yang kedudukannya jauh lebih tinggi dibanding Sang Budha itu sendiri. Dalam agama Hindu, walau banyak dewa, tetapi ada Sang Hyang Widhi penguasa tunggal tertinggi di atas para dewa itu. Dalam Kong Hu Chu juga sama seperti ajaran Hindu, ada Sang Pencipta Tunggal yang berkuasa atas semua dewa dewi dalam mitologi China.

    Melihat penjelasan di atas saja sudah jelas bahwa agama Kristen itu jauh lebih rendah & hina dibanding agama Budha, Hindu & Kong Hu Chu. Kedudukannya hanya sejajar dengan paham agama animisme & komunis.

    Pemujaan Nabi Isa sebagai Tuhan membuktikan adanya Paganisme Baru ini, sebagai agama sempalan Yahudi (ini terjadi karena Paulus dari Tarsus beserta Petrus ternyata kecewa berat akibat ambisinya menjadi Rabbi Yahudi di tolak Sinagoge Betlehem). Kembali ke dasar negara, jika saja kita semua tegas & tak punya rasa belas kasihan kepada para penyembah Nabi Isa ini, sudah dari dulu sejak kemerdekaan Indonesia, agama Kristen dinyatakan sebagai agama terlarang, karena berbau kolonialisme serta bertentangan dengan Pancasila!. Bahkan jika sekarang saja ada yang menggugat keberadaan agama Kristen & menuduh para pengikutnya dengan pasal subversi ini bisa dibenarkan secara hukum. baca juga : Sejarah Penghianatan para founding fathers terhadap umat Islam

    KENYATAAN SEJARAH BANGSAApalagi bila dikaitkan dengan fakta sejarah bahwa agama ini dibawa oleh para penjajah Belanda, para pengikut pertamanya adalah pribumi pengkhianat bangsa, yang bekerja sebagai opas & tentara bayaran Belanda, mata mata Belanda & penjual informasi perjuangan para pahlawan demi gepokan Gulden Belanda!. Memang ada beberapa pahlawan nasional yang beragama Kristen, tapi mohon diingat, para pahlawan itu tidak pernah ikut kebaktian di Gereja Gereja mereka yang dipimpin Pendeta Belanda!.

    Para pahlawan itu hidup bersama orang orang pribumi yang beragama Islam, Hindu & Budha. Ketika Indonesia merdeka & sang Meener meninggalkan mereka, para pengkhianat bangsa ini serta merta bergabung dengan para orang tua kita menyatakan mengutuk penjajahan Belanda, tanpa rasa malu sedikitpun. Tapi semua pihak berjiwa besar. Kita memaafkan kesalahan mereka. Tapi namanya juga orang tak tahu diri, ketika agresi Belanda datang kembali, mereka lalu ikut tuannya. mendirikan RMS di Maluku segala. Bahkan beberapa diantaranya ikut pulang ke Belanda, tapi biarlah!! Setelah perundingan damai dengan Belanda di tahun 1950 an, Indonesia akhirnya merdeka, para pengkhianat yang beragama sesat bernama Kristen ini diakui keberadaannya, walaupun sebenarnya bertentangan dengan Pancasila!

    HIMBAUAN UNTUK PARA GEMBALA LAINNYA YANG BELUM BERTOBAT Nah umat Kristiani..hendaklah renungkan fakta ini, malulah pada diri sendiri & hargailah umat beragama lain, kami umat Islam, Budha, Hindu & Kong Hu Chu sudah lebih dari sabar menghadapi tingkah kalian!.

    MOHON sadarlah & beribadahlah dengan cara masing masing, jangan lagi mengirim penginjil penginjil sesat kalian ke Mesjid Mesjid kami, ke Vihara Vihara kami, ke Kuil Kuil kami, ke Kelenteng Kelenteng kami, atau berusaha memurtadkan umat umat kami yang kebetulan ilmu agamanya kurang, jangalah kalian ulangi lagi perbuatan sesat & tidak terpuji ini. Janganlah beli iman umat kami yang miskin & bodoh dengan beras & janji janji muluk pekerjaan indah. Mereka miskin jangan lagi diberi impian palsu!. Mereka bodoh tapi janganlah manfaatkan kebodohan mereka dengan cara kalian menukar agama mereka dengan agama sesat kalian. Kemarin kami baru menemukan sebuah kisah nyata, bahwa di sebuah desa di pelosok Sukabumi, suatu desa terpencil di kaki gunung, yang menyatakan ketidaktahuannya & terkejut ketika ada yang bilang bahwa kertas selembar yang ia tunjukkan pada orang lain itu adalah surat Baptis & ia telah menjadi Kristen!. Ia tak tahu hal ini!. Yang ia tahu kemarin ia menjual berasnya kepada mereka dengan harga yang sangat mahal, lalu diberi uang & disuruh membaca kontrak perjanjian & dimandikan..ia tak tahu kalau ia telah dimurtadkan. .

    PENUTUP Mari kita hargai hak beribadah agama masing masing, hargai hak kami beribadah jangan intimidasi umat kami dengan agama sesat kalian, yang hanya jad bahan tertawaan anak SD saja, bukankah kami juga sudah melindungi kalian dari jerat hukum subversi karena agama kalian itu bertentangan dengan dasar negara kita tercinta PANCASILA..YAITU SILA PERTAMA: KETUHANAN YANG MAHA ESA?.

    Untuk saudara saudara sesama gembala atau domba Kristus, pintu pertobatan belum tertutup, marilah kita kembali KE JALAN TUHAN YANG BENAR…JALAN KAUM ISLAM DAN PARA SABI’IN…jika anda bekas umat Islam, Budha, Hindu & Kong Hu Chu, kembalilah ke agama masing masing.
    SEKIAN DARI KAMIAtas Nama Forum Pertobatan Mantan Gembala Gembala Tuhan Para Pendeta yang telah Insyaf:Ev. Vincentus Rahardi Sudjatmiko (Gembala Kristen Pantekosta bertobat kembali ke agama Budha)Ev. Nicolas Albert Gerungan (Gembala Kristen Protestan bertobat kembali ke agama Islam)Ev. Gede Astra Suartiasa (Gembala Kristen Protestan bertobat kembali ke agama Hindu)Ev. Andi Widjaja (Gembala Gereja Nehemia bertobat kembali ke agama Kong Hu Chu)

  36. Chairul Azwar Says:

    mEMANG TAK SALAH PA YANG DICERITAKAN MA MIECLE diatas,,,.. cahaya kebenaran itu mang ada pada islam….!!! sangat sayang bagi sapa2 yang gak mendapatkan cahaya tersebut…!!!! “Yaa Muqallibal Qulub, Tsabbit Qulubi ‘alaa Diinika wa ‘Alaa tha’atika”

  37. imam Says:

    Daftar isi

    * 1 Pendahuluan
    * 2 PADA JAMAN NABI HIDUP, AL-QUR’AN TIDAKLAH SAMA
    * 3 SETELAH NABI MENINGGAL, AL-QUR’AN TIDAKLAH SAMA
    * 4 SETELAH DISTANDARISASI USMAN, AL-QUR’AN MASIH BERBEDA-BEDA
    * 5 PENULISAN ULANG DI KAIRO 1923/1924
    * 6 The Extant Samarkand Codex at Tashkent

    Pendahuluan

    Pakar-pakar ini tidaklah menyadari akan keajaiban sebenarnya dari qur’an sehingga MEMBUAT KEBOHONGAN TENTANG NABI DAN MENGKLAIM ADANYA MUJIZAT YANG TIDAK PERNAH DILAKUKAN NABI. Salah satu PENYESATAN INFORMASI OLEH PAKAR-PAKAR INI ADALAH PERNYATAAN BAHWA QUR’AN DISELURUH DUNIA ADALAH SAMA, TIDAK ADA VARIASINYA SAMA SEKALI. INI TIDAKLAH BENAR dan tidak ada hubungannya dengan janji Allah dalam QS 15 : 9. Sekalipun misionaris Kristen suka menyerang qur’an karena variasi bacaan tersebut, itu hanyalah menunjukkan ketidaktahuan mereka tentang qur’an dan keajaibannya.

    Berikut ini diberikan beberapa kutipan bahwa Al-Qur’an tidaklah sama sejak jaman nabi Muhammad SAW hingga tahun 1924 saat distandarisasi kesekian kalinya.
    PADA JAMAN NABI HIDUP, AL-QUR’AN TIDAKLAH SAMA

    Kutipan dari:
    Membahas Ilmu-Ilmu Al-Qur’an
    DR Subhi As Shalih
    Pustaka Firdaus, Jakarta, 2001, halaman 119

    Diceritakan tentang percekcokan Umar bin Khatab dengan Hisyam bin Hakim sbb :

    Pada suatu hari semasa Rasulullah masih hidup, aku mendengar Hisyam bin Hakim membaca SURAH AL FURQAAN. Aku mendengarkan baik-baik bacaannya. Tapi tiba-tiba ia membaca BEBERAPA HURUF YANG TIDAK PERNAH DIBACAKAN RASULULLAH kepadaku sehingga hampir saja ia kuserang ketika ia sedang shalat. Akhirnya kutunggu ia sampai mengucapkan salam. Setelah itu kutarik bajunya. Aku bertanya kepadanya : “Siapakah yang membacakan surah itu kepadamu?”. IA MENJAWAB, “RASULULLAH YANG MEMBACAKANNYA KEPADAKU”. Kukatakan, “Engkau berdusta! Demi Allah, RASULULLAH TIDAK MEMBACAKAN SURAH ITU KEPADAKU SEPERTI KUDENGAR DARIMU.” Hisyam bin Hakim lalu kuseret menghadap rasulullah dan aku bertanya, “Ya Rasulullah, aku mendengar orang ini membaca surah Al-Furqaan dengan huruf-huruf yang tidak engkau bacakan kepadaku ketika engkau membacakan surah Al-Furqaan kepadaku.!” Rasulullah menjawab, “Hai Umar, lepaskan dia. Hai Hisyam, bacalah.” Hisyam kemudian membaca surah Al-Furqaan sebagaimana yang kudengar tadi. Kemudian rasulullah menanggapinya, “Demikian surah itu diturunkan.”. Beliau melanjutkan, “Qur’an itu diturunkan dalam tujuh huruf, karena itu BACALAH MANA YANG MUDAH DARI AL-QUR’AN.”
    (Sahih Bukhari VI, hal 185)

    Jadi dari hadis diatas terlihat RASULULLAH MENDIKTEKAN SURAH AL-FURQAAN YANG BERBEDA kepada Umar dan Hisyam.

    Ini jelas bahwa HAFALAN RASULULLAH TIDAK TEPAT.

    Muslim biasanya berargumen bahwa perbedaan hanya sekedar perbedaan dialek. Inipun tidak tepat karena Umar dan Hisyam keduanya adalah ORANG QURAISH dan keduanya konon adalah mereka yang MENDENGAR LANGSUNG rasulullah mendiktekan ayat-ayat Al-Qur’an dalam dialek QURAISH.

    Sumber : Muqadimah Al-Qur’an
    Bab Satu, halaman 25

    Tugas panitia adalah membukukan al-Qur’an, yakni menyalin dari lembaran-lembaran yang tersebut menjadi buku. Dalam pelaksanaan tugas ini Usman menasihatkan supaya :

    1. mengambil pedoman kepada bacaan mereka yang hafal Al-Qur’an
    2. kalau ada pertikaian antar mereka tentang bahasa (bacaan), maka haruslah dituliskan dalam menurut DIALEK SUKU QUIRAISY, SEBAB AL-QUR’AN DITURUNKAN MENURUT DIALEK MEREKA

    Yang sangat mungkin adalah hadis tentang 7 huruf adalah KEBOHONGAN KEMUDIAN untuk membenarkan adanya perbedaan bacaan tersebut sehingga ada alasan kalau HAFALAN RASULULLAH BERBEDA-BEDA SAAT MENDIKTEKAN KEPADA si A atau si B.

    SETELAH NABI MENINGGAL, AL-QUR’AN TIDAKLAH SAMA

    Ini sangat jelas dari alasan Usman membuat satu standar Al-Qur’an yaitu karena ADANYA PERBEDAAN AL-QUR’AN ANTARA PENGIKUT IBN MAS’UD (PRAJURIT IRAK) DAN UBAY BIN KAAB (PRAJURIT SYRIA) sebagaimana dilaporkan oleh Huzaifah bin Yaman

    Sumber : Muqadimah Al-Qur’an Bab Satu, halaman 25

    Beliau ini ikut dalam pertempuran menaklukan Armenia dan Azerbaijan, maka selama dalam perjalanan dia pernah mendengar PERTIKAIAN KAUM MUSLIMIN TENTANG BACAAN BEBERAPA AYAT AL-QUR’AN.

    Muslim akan berargumen perbedaan hanya dari segi dialek. Namun jelas perbedaan antara mushaf Ibn Mas’ud dan Ubay bin Kaab BUKAN PERBEDAAN DIALEK MELAINKAN PERBEDAAN ISI AL-QUR’AN.

    Menurut laporan Suyuthi : Suyuthi, al Itqan fi Ulum al Quran, vol 1 halaman 224, 226, 270-73

    IBN MAS’UD MENOLAK MEMASUKKAN SURAH 1, 113 DAN 114, KARENA SURA-SURA TERSEBUT ADALAH DOA-DOA DAN MANTERA UNTUK MENGUSIR SETAN. Hal ini diperkuat dengan laporan dari al Razi, al Tabari dan Ibn Hajar

    Sementara mushaf Ubay bin Kaab, mushaf Ibn Abbas, Abu Musa al Ashari dan Ali bin Abi Thalib justru ada penambahan 2 SURAH YANG UNIKNYA SEKARANG JUSTRU TIDAK ADA DI AL-QUR’AN EDISI KAIRO 1924.

    Menurut laporan Suyuthi:
    Suyuthi, al Itqan fi ulum al Quran, vol 1 hal 227, vol 3 hal 85

    Dua surah yang bernama “AL-KHAL” DAN “AL-HAFD” TELAH DITULIS DALAM MUSHAF UBAYY BIN KA’B DAN MUSHAF IBN ABBAS, SESUNGGUHNYA ALI AS MENGAJAR KEDUA SURAH TERSEBUT KEPADA ABDULLAH AL-GHAFIQI, UMAR B. KHATTTAB DAN ABU MUSA AL-ASY’ARI juga membacanya.

    Jadi jelas, setelah Muhammad SAW meninggal, mushaf-mushaf sahabat berbeda satu dengan lainnya.
    SETELAH DISTANDARISASI USMAN, AL-QUR’AN MASIH BERBEDA-BEDA

    Mushaf yang distandarisasi oleh Usman ditulis dalam bahasa Arab yang masih sangat sederhana, dimana :

    1. Tidak ada tanda baca
    2. Tidak ada indikasi huruf hidup
    3. Tidak ada pembeda konsonan yang bersimbol sama (15 konsonan bisa dibaca menjadi 28 konsonan yang berbeda)

    Karenanya tulisan mushaf Usman tersebut bisa dibaca dengan berbagai macam cara yang berbeda-beda. Tergantung penambahan huruf hidupnya dan penambahan titik diakritis terhadap konsonannya. Akibatnya timbullah bermacam-macam variasi bacaan, maka lagi-lagi harus dilakukan standarisasi pasca Usman :

    Dikutip dari Luthfi A dari Islamlib:
    http://islamlib.com/id/page.php?page=article&id=447
    Merenungkan Sejarah Alquran

    Untuk mengatasi VARIAN-VARIAN BACAAN YANG SEMAKIN LIAR, pada tahun 322 H (944 M), Khalifah Abbasiyah lewat dua orang menterinya Ibn Isa dan Ibn Muqlah, memerintahkan Ibn Mujahid (w. 324 H) melakukan penertiban. SETELAH MEMBANDING-BANDINGKAN SEMUA MUSHAF YANG ADA DI TANGANNYA, Ibn Mujahid memilih tujuh varian bacaan dari para qurra ternama, yakni :

    1. Nafi (Madinah)
    2. Ibn Kathir (Mekah)
    3. Ibn Amir (Syam)
    4. Abu Amr (Bashrah)
    5. Asim, Hamzah, dan Kisai (ketiganya dari Kufah).

    Tindakannya ini berdasarkan hadis Nabi yang mengatakan bahwa “Alquran diturunkan dalam tujuh huruf.”

    Adanya perbedaan tulisan Al-Qur’an ini dilaporkan juga oleh seorang ulama yaitu ibn al-Nadim di tahun 988 M.

    Sumber : Fihrist, Ibn al-Nadim, halaman 79
    Dalam buku Fihrist, Ibn Al-Nadim menuliskan daftar buku-buku kuno yang membahas tentang perbedaan antar manuskrip qur’an kuno sbb :

    Buku Tentang Perbedaan Manuskrip (Qur’an)

    * Perbedaan Antara Manuskrip Penduduk Madina, Kufa dan Basrah menurut al Kisai
    * Kalaf, Buku Tentang Perbedaan Manuskrip
    * Perbedaan antara Penduduk Kufa, Basra dan Siria tentang Manuskrip, karya al Farra
    * Perbedaan Antar Manuskrip, karya al Sijistani
    * Al Mada’ini tentang perbedaan antar manuskrip dan pengumpulan al Qur’an
    * Perbedaan Manuskrip antara Penduduk Syria, Hijaz dan Iraq, karya Ibn Amir al Yashubi
    * Buku karya Muhammad ibn ‘Abd Al-Rahman al-Isbahani tentang perbedaan manuskrip

    Fakta dimana penambahan huruf hidup dan titik diakritis berbeda-beda antar kota MEMATAHKAN ARGUMEN BAHWA AL-QUR’AN TELAH DIHAFALKAN DENGAN SEMPURNA. Bahkan setelah dibantu dengan tulisan dasarnya, hafalan masing-masing kota ternyata berbeda-beda.
    PENULISAN ULANG DI KAIRO 1923/1924

    Upaya terakhir untuk menstandarisasi Al-Qur’an dilakukan di Kairo Mesir ditahun 1923/1924. Satu catatan yang unik adalah mushaf Kairo 1924 ini TIDAK DISUSUN DARI NASKAH KUNO YANG MANAPUN, melainkan DIKLAIM mendasarkan pada murni “HAFALAN”.

    Sumber :
    The writing of the Quran and the timing of the mathematical miracle
    http://www.submission.org/miracle/writing.html

    Hingga ditahun 1918 ketika pakar-pakar muslim, berkumpul di Kairo, Mesir dan memutuskan untuk MENULISKAN EDISI STANDARD AL-QUR’AN UNTUK MENGHINDARKAN SEMUA KESALAHAN TULISAN DALAM EDISI AL-QUR’AN YANG SAAT ITU BEREDAR diseluruh dunia dan untuk menstandarkan penomoran surah dan ayat-ayat alQur’an. Di tahun 1924 mereka menerbitkan edisi Al-Qur’an yang kemudian menjadi standar edisi diseluruh dunia. MEREKA SEPENUHNYA MENDASARKAN PADA TRADISI LISAN AL-QUR’AN UNTUK MENGOREKSI SEMUA PERBEDAAN TULISAN DAN PENOMORAN DARI AL-QUR’AN YANG BERBEDA-BEDA.

    Ini sangat serius karena menjadikan seluruh TULISAN Al-Qur’an sebelum 1923/1924 adalah SALAH. Salah satu contohnya adalah :

    Sumber:
    http://www.understanding-islam.com/related/history.asp
    The Extant Samarkand Codex at Tashkent

    Many Muslims scholars believe that the Samarkand Codex preserved at the Tashkent Library is the one compiled by ‘Uthman (rta). A close examinatikon of the text of this mushaf has shown that it cannot be – since IT IS DIFFERENT FROM THE CODEX WE HAVE IN OUR HANDS TODAY.

    Banyak pakar muslim mempercayai bahwa kodek Samarkand yang disimpan di perpustakaan Tashkent adalah mushaf yang dikumpulkan oleh Usman. Pemeriksaan cermat terhadap teks mushaf ini membuktikan bahwa mushaf ini bukan mushaf asli Usman karena MUSHAF INI BERBEDA DENGAN KODEKS YANG KITA MULIKI SAAT INI.

    Jadi klaim muslim bahwa Al-Qur’an selalu sama tidaklah berdasar. Keseragaman teks dan isi Al-Qur’an baru dicapai setelah tahun 1924 dengan diterbitkannya KARANGAN AL-QUR’AN YANG BARU OLEH ULAMA-ULAMA MUSLIM. HASIL KARYA TAHUN 1924 INILAH YANG KEMUDIAN DIKLAIM SAMA DENGAN YANG DIBACA OLEH NABI MUHAMMAD SAW.
    Diperoleh dari “http://faithfreedom.frihost.net/wiki/Al-Qur%27an_Tetap_Sama_Dari_Jaman_Nabi_Muhammad_Sampai_Sekarang”

  38. imam Says:

    TERNYATA KEBOHONGAN ISLAM TTG QURAN ITU ASLI DARI DULU MULAI TERKUAK BAHKAN PENULIS DIATAS MANTAN MUSLIM ALI SINA DI FAITH FREEDOM MENANTANG SETIAP MUSLIM UNTUK BERDEBAT DENGAN DIA DENGAN IMBALAN 50.000 DOLAR BAGI SIAPA SAJA YANG DAPAT MEMBUKTIKAN BAHWA QURAN ITU FIRMAN ALLOH DAN HADITS SERTA MUHAMMAD ITU NABI ADALAH BENAR
    SILAHKAN SAJA HUBUNGAI DI http://WWW.FAITH FREEDOM BAHKAN BANYAK DEBAT TERBUKA ANTARA ALI SINA DENGAN TOKOH DAN PROF.PROF/PARA ULAMA YANG SAMPAI SAAT INI BELUM BERHASIL MENANG KARENA FAKTA2 DAN BUKTI OTENTIK YANG MEMBUKTIKAN BAHWA QURAN BUKAN FIRMAN TUHAN, HADITS DAN MUHAMMAD ADALAH SEBUAH KEBOHONGAN DAN KESALAHAN BESAR
    PENIPUAN ALA ARAB YANG SAMPAI SEKARANG BERKEMBANG
    SILAHKAN DIJAWAB DAN PENUHI TANTANGAN ALI SINA TSB KALAU MEMANG ISLAM BENAR……

  39. pinkyangga Says:

    Imam, apa yang anda sampaikan sungguh fitnah besar. Dari cara anda copy paste saya sudah tahu kalau ini bukanlah hasil buah pikiran anda sendiri. Dari cara anda menceritakan saya malah ingin tertawa geli, sungguh rendah dan picik sekali pikiran anda ini. Dari cara anda mengutip juga, seolah serampangan dan tidak tahu apapun tentang asbabun nuzul dari setiap hadits yang disampaikan disana. Dari cara anda menjudgement juga terlihat betapa bencinya anda terhadap islam. Saran saya, sebelum anda mengcopy paste, dibaca terlebih dahulu pelan2, dan jangan asal menjudge kalau tidak tahu asbabun nuzulnya, karena nanti akan terdengar lucu.

    Dan yang lebih terdengar lucu dari saudara imam ini, tantangan 50000 dollar dari ali sina ini sudah terbantahkan sejak dulu😀, bahkan ali sina sudah lari terbirit-birit kalah dalam perdebatan. Silahkan saja anda kaji hasilnya disini (kalau mau sih hehe)
    1. http://www.examinethetruth.com/
    2. http://muslim-responses.com/Ali_Sinas_Mental_State/Ali_Sinas_Mental_State_
    3. http://faithfreedom.myforumportal.com/board/ali-sina-melarikan-diri-dari-tantangan-debat-t59.html
    4. http://faithfreedom.myforumportal.com/board/neter-kristentelahkalah-menjawab-ali-sina-t4991.html (ini yang paling hebat)
    5. Nonton da vinci code juga bisa sedikit membuka kebenaran😀 konsili nicea

    Bagaimanapun juga dan dengan cara serangan model apapun, Islam tetaplah agama yang sempurna dan penyempurna agama-agama terdahulu. Dari zaman Rasulullah Muhammad SAW hingga akhir zaman.

    Katakanlah: “Kebenaran telah datang dan yang batil itu tidak akan memulai dan tidak (pula) akan mengulangi.”
    Qur’an [34:49]

    Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
    Qur’an [103]

  40. lukman Says:

    oh iya, yang masalah alkitab saya bukan difax dari surga, saya setuju. tapi Tuhan saya yang turun langsung dari surga. mana yang lebih hebat, ajarannya yang turun langsung, atau Tuhannya yang turun langsung untuk mengajarkan secara langsung?

    • pinkyangga Says:

      Saudara lukman,

      Cerita ini kan karangan anda sendiri (atau karangan gereja),
      Yang perlu digaris bawahi dalam postingan saya sebelumnya adalah,
      Konsep ketuhanan yang anda anut, bagaimana mungkin seorang manusia
      biasa (dengan segala mukjizat yang diberikan Allah SWT kepadanya) bisa diangkat
      menjadi Tuhan hanya dengan konspirasi yang dilakukan oleh Konstantin bersama konsili nicea,
      hanya untuk mendapatkan jumlah umat yang lebih banyak, hanya untuk mendapatkan penerimaan dari budaya pagan, dengan segala macam koreksi, revisi, tambahan, dan juga bualan semata..

      oh iya, yang masalah alkitab saya bukan difax dari surga, saya setuju. tapi Tuhan saya yang turun langsung dari surga. mana yang lebih hebat, ajarannya yang turun langsung, atau Tuhannya yang turun langsung untuk mengajarkan secara langsung?

      Saya semakin lama semakin bingung dengan cara berpikir anda…Sekarang saya coba tanya anda?
      Mana yang benar, Yesus itu Anak Allah ataukah Yesus itu Tuhan yang menjadi manusia??

      Ini bukan soal hebat atau tidaknya tapi sekali lagi adalah konsep ketuhanan yang anda anut, kalau dari konsep ketuhanan saja sudah salah, apalagi kebawahnya, sudah tentu bakal ada campur tangan manusia ddidalamnya..

      “Adalah suatu kehancuran karena mengatakan bahwa Tuhan dapat melakukan sesuatu yang bukan dari sifat ketuhanan (perlakuan yang merendahkan tuhan). Using the word ‘Elohim’ to fool yourselves into thinking Jesus was God” – Gary Miller (Mathematician)

      Sekarang mari kita benturkan antara Trinitas dengan Kehebatan Tuhan anda yang katanya menjelma menjadi manusia..Hanya dengan memahami perbandingan matematika sederhana🙂

      Orang1 : “ Sifat Tuhan adalah Trinity.”
      Orang2 : “ Bagaimana mungkin 1+1+1=1? “
      Orang1 : “Pada Tuhan tidak ada sesuatu yg. tak mungkin…”
      Orang2 : “Kalau begitu TRINITY adalah bukan sifat-Nya, bagaimana seharusnya Dia. Ini kemungkinan ada beberapa pilihan. Mungkin Ia adalah 3,5,9 atau banyak kemungkinan.

      Dari satu poin ini saja, sudah menggugurkan ajaran pamungkas anda (trinitas),
      Konsep ketuhanan (tauhid) yang benar akan menjadi pondasi dalam beragama,
      kalau menurut anda tidak peduli ajaran itu palsu atau tidak, itu jelas totally wrong😀

      Yang benar itu adalah…

      AL QUR’AN
      ==============================
      Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa,
      Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
      Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,
      dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia”
      ==============================
      (QS.Al-Ikhlas 1-4)

      • lukman Says:

        hei, dari atas2 juga saya sudah setuju bahwa manusia menjadi Tuhan itu tidak mungkin. tapi kalau Tuhan menjadi manusia, itu sangat mungkin. sekali saya tanyakan, apa itu sesuatu yg mustahil dilakukan oleh tuhan anda???

        ada yg bilang Tuhan itu MAHA PENGASIH. ada yang bilang Tuhan itu MAHA PENGAMPUN. ada yg bilang Tuhan itu MAHA KUASA. dll. apa ini berarti ada banyak Tuhan?? TIDAK. Tapi Tuhan muncul dalam pribadi yang berbeda2, namun Tuhannya tetap 1!

        yg 1+1+1=1
        saya mau bertanya kepada anda. sekarang pukul 23:00. 2 jam lagi pukul berapa? pukul 25:00 atau pukul 01:00?? saya cuma mau bilang, matematikanya anak tk berbeda dengan matematikanya anak sd. anak sd berbeda dengan anak smp. anak smp berbeda dengan sma. sma berbeda dengan kuliah. matematika manusia dengan matematika Tuhan.

      • pinkyangga Says:

        hei, dari atas2 juga saya sudah setuju bahwa manusia menjadi Tuhan itu tidak mungkin. tapi kalau Tuhan menjadi manusia, itu sangat mungkin. sekali saya tanyakan, apa itu sesuatu yg mustahil dilakukan oleh tuhan anda???

        Sebentar, tolong jawab pertanyaan saya dulu, Mana yang benar, Yesus itu Anak Allah ataukah Yesus itu Tuhan yang menjadi manusia?? Tidak ada yang mustahil bagi Allah SWT, namun perlu saudara lukman ketahui, Yesus itu bukan Tuhan, dia hanya diangkat, sekali lagi beliau hanya diangkat menjadi tuhan oleh konstantin dengan bantuan konsili nicea, jadi tidak ada yang namanya Tuhan menjelma menjadi manusia, itu hanya karangan Gereja belaka. Sama halnya dengan bumi yang katanya datar, itu juga karangan gereja, baru ketika copernicus mau membuktikan bahwa bumi itu tidak datar atau bulat, ia malah dikejar2 mau dibunuh oleh gereja. Mana yang namanya ajaran cinta kasih, kalau ajarannya selalu dikotori oleh tangan2 manusia yang tidak bertanggung jawab.

        ada yg bilang Tuhan itu MAHA PENGASIH. ada yang bilang Tuhan itu MAHA PENGAMPUN. ada yg bilang Tuhan itu MAHA KUASA. dll. apa ini berarti ada banyak Tuhan?? TIDAK. Tapi Tuhan muncul dalam pribadi yang berbeda2, namun Tuhannya tetap 1! yg 1+1+1=1

        Ya sesuai dengan yang anda katakan, saya sepakat, Tuhan itu pribadinya banyak, jadi bukan 1+1+1=1, itu namanya anda memaksakan kehendak. Trinitas cuma bualan belaka dari gereja, tidak relevan!! Itu hanyalah wacana yang disebar ketika zaman romawi kuno!! Harusnya yang benar itu gini mas lukman 1+1+1+…+1 = 1, nah itu masih bisa diterima akal sehat. Dari sini sudah terlihat mana yang hanya menelan dogma dan doktrin secara bulat2. Pembaca-pembaca blog ini akan menilai juga, kelihatan siapa yang maksa😀

        saya mau bertanya kepada anda. sekarang pukul 23:00. 2 jam lagi pukul berapa? pukul 25:00 atau pukul 01:00?? saya cuma mau bilang, matematikanya anak tk berbeda dengan matematikanya anak sd. anak sd berbeda dengan anak smp. anak smp berbeda dengan sma. sma berbeda dengan kuliah. matematika manusia dengan matematika Tuhan.

        Kata siapa 1+1+1 = 1 itu matematika Tuhan?? Mana buktinya, mana dalilnya?? Sekali lagi itu cuma akal2an Gereja saja. Lihat saja pemaksakan trinitas dalam bible itu sendiri. Terkesan mekso kalau istilah jawa. Kelihatan kalau cuma disisipkan untuk menarik warga romawi saat itu. Alasan Klasik, tidak Ilmiah!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: