5 Keuntungan Investasi Saham

Teman saya pernah bertanya, “bagaimana ya kalau kita beli saham terus turun? rugi dong? terus kita untungnya kalau gimana?“. Tenang saja, sabar teman, disini kita akan bersama-sama belajar sepenuhnya mengenai keuntungan trading dan investasi saham. Dalam buku Smart Investment Saham, lie charlie – dijelaskan bahwa ada 5 Keuntungan Investasi Saham, diantaranya adalah :

..1. 1. Menarik keuntungan dari IPO

Harga saham IPO sebenarnya adalah harga discount, sehingga pada beberapa emiten dengan harga yang logis di IPO-nya dan didukung dengan kondisi market bullish – maka hari pertama perdagangan adalah profit untuk anda. Lihat kasus IPO-nya ADRO, naik 57% perhari ,harga IPO Rp.1.100/lembar dan day 1 sampai Rp.1760 dan sekarang closed di Rp.1540/lembar. Kasus IPO-nya BIPI juga hampir sama😀

..2. 2. Capital Gain

Selisih harga beli dan harga jual, hal yang umum diharapkan oleh trader dan investor saham. Ada teman saya yang kemarin collect BUMI di harga Rp. 2100/lembar, sekarang tersenyum dengan bullishnya BUMI 3 hari terakhir naik ke Rp.2675/lembar — dan siap terbang kembali ke harga wajarnya BUMI. Artinya dia bisa profit 27% dalam 3 hari — bandingkan dengan bunga deposito yang hanya 7% pertahun.

3...3. Menerima Deviden
Kalaupun saham anda nilainya turun kan tidak berarti selalu rugi, selama belum cutloss dijual. Terkadang saham-saham bluechips malah jor-joran membagikan deviden. Seperti TLKM yang membagian deviden 2 kali di tahun ini. DEVIDEN adalah sebagian laba hasil usaha perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham, lihat ANTM meskipun nilai sahamnya tergerus turun namun deviden yang sebesar 6,25% adalah gain yang lumayan. Sambil melihat suatu saat harga emas dan nikel kembali booming.

..4. 4. Stock Split

Aksi emiten untuk pecah saham sehingga jumlah saham kita tambah banyak tanpa mesti keluar uang lagi. Kemarin teman lain pegang PGAS sebelum akhirnya stock split 1 : 5 sehingga saham teman saya tersebut nambah 5 kali lipat. Bayangkan beli 2 lot jadi 10lot, kalau harganya balik kembali kan apa nggak senyum-senyum😀

..5. 5. Right Issue atau Saham Bonus

Right Issue adalah penawaran saham baru tambahan, biasanya harganya lebih murah dari harga pasar sperti UNTR yang kemarin belum lama menawarkan 1 lot UNTR = Rp. 7500/lembar bagi pemilik 6 lot UNTR. Padahal saat ini harga market UNTR masih diatas Rp. 10.000,-. Dan memang telah lama juga tidak ada pembagian saham bonus, bisa saja akan ada lagi.

Selamat Berinvestasi dan Semoga Sukses🙂

18 Responses to “5 Keuntungan Investasi Saham”

  1. hartono widjaya Says:

    investasi sih,memang benar bagus.tapi klu investasinya tepat sasaran.contohnya saya beli saham mira,harga stabilnya waktu itu 500-600.sempat turun harga sampai 230 perlembar.bayangkan saja,betapa ruginya mau beli lagi abis modal,mau di pertahankan ga tau harus investasi berapa tahun,mau jual rugi banyak,bingung kan.
    ada solusi ga yang lebih tepat untuk investasi saham?

    • pinkyangga Says:

      timing harus tepat pak har…
      target juga harus jelas…
      dan yang terpenting
      buy the business,
      not the share🙂

      jadi belilah saham2 bluechips saja..
      aman tentram sentosa, kalaupun turun naiknya cepet kok🙂

      • tiur Says:

        Wah…itu kebablasan namanya…….mira dengan harga segitu adalah medio feb 09~juli 09…mungkin anda entry di june~july 09….menangkap pisau jatuh…kemudian lupa kapan harus exit….
        Ah..banyak yg sama dengan anda…nyangkut di b7..dan masih hold….biar ngga terlalu sakit cobalah tanamkan bahwa ini cuma potensial loss…masih ada harapan esok..kalau-kalau….
        Mundur dari pasar saham..adalah jalan terbaik dan biarkan saham ini sebagai deposito long term….atau masih ingin berinvestasi saham lagi..buka account di sekuritas lain..sekuritas yg bonafide…ada riset…ada kelebihan yg competitive…semoga berhasil..

  2. gaga Says:

    mana lebih menguntungksn, menggabungkan usaha atau mendirikan cabang baru???alasannya???

  3. chiku Says:

    Dear all,

    Kalau ada yg ingin bermain index hangseng, bisa menghubungi saya utk info lebih lanjut chiku-081318383745. Jgn khawatir, dijamin menguntungkan.Dan menjamin low risk krn kami memiliki system risk management. Terima kasih.

  4. rusdikurhiji Says:

    kalo cara itung itunganya bagai mana,?
    saya ada yang mau investasi ke usaha saya tapi saya bingung
    tolong jawabanya

  5. Abah Says:

    gigimana cara supaya investor gak merugi misalnya perusahaan bamgkrut?

  6. christ Says:

    Siang.. untuk informasi lebih lanjut mengenai investasi saham dalam negeri.., bisa inbox ke saya di christ_wiji@oso-securities.com dan tolong di CC kan ke rich.berich777@gmail.com. Ma kasih🙂

  7. ifa Says:

    SAHAM=BROKER

  8. agustinus mando Says:

    apa tu saham bluechips ? perusahan sekuritas yang bonafit dan kredibel apa aja? Tq.

  9. dewo Says:

    salam sukses mas angga,
    saya pelaku trading online marketiva. dulu instrumen forex, skg commodities. pernah profit pernah loss, tapi setelah dijumlah, banyak lossnya. saya melihat tulisan mas angga ttg saham yang kebanyakan ditulis disini adalah saham perusahaan dalam negeri. saya merasa tulisan tsb tulus. mohon info apa yang bisa saya lakukan untuk mencoba meraih sukses di saham perusahaan dalam negeri tsb. kemana saya harus hubungi untuk bisa ikut masuk beli dan sukses keluarnya. good entry quick profitable exit.

    mohon balasan
    thank you

  10. aces Says:

    hai mas angga…
    aku pengen transaksi saham…
    kira2 bisa dikasih saran perusahaan apa yang bonafit dan kredibilitas bagus…?
    makasih….

  11. investkita Says:

    Ayo kunjungi dan coba http://www.investkita.us untuk menghitung keuntungan investasi anda.Mulai dari emas valas dan saham.Semakin untung apa rugi??

  12. Eddy Says:

    Sebuah perusahaan PCB Thailand&malaysia menjual sahamnya dgn hrg promo $0.2 buat Anda yang berminat bs hub sy di 081328392007-eddy

    Ini web Sekuritas Resmi Negara Malaysia http://www.klse.com.my
    pilih menu securities dan klik wiew price ketik Alphabet “A” lalu search maka akan muncul AEM di urutan Nomor 12 dengan kode 7146 then klik aja AEMnya..

    Bisa kita Lihat juga di http://www.yahoo.com/finance coba ketik AE-multi, nanti disitu akan keluar semua tentang ae-multi dan kodenya 7146

  13. dkey Says:

    saham blue chips apa itu ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: