Nasihat Keuangan Paling Bijak Sepanjang Masa :)


Nasihat Untuk Menabung

Inilah nasihat paling klasik yang disebutkan sejak lama. “Seberapa pun hasil yang kamu dapat, besar dan kecil selalulah menabung, meski kecil sekalipun”. Kebiasaan menabung memang sangat dianjurkan sejak dulu. Mulai dari kecil saat kita punya celengan untuk menyimpan uang logam, hingga dewasa dengan berbagai pilihan bank dan produk investasi. Semua itu harus kita pelihara dan teruskan. Sebab, uang yang kita simpan, pastilah akan bermanfaat. Tips : sisihkan uang sejak awal untuk ditabung (bukan dari sisa uang yang dibelanjakan), menurut banyak ahli keuangan, yang paling ideal minimal 10 % dari pedapatan kita perbulan, boleh lebih😀

Nasihat Saat Belanja

Salah satu nasihat klasik saat harus berbelanja adalah. “Pahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan”. Cara sederhana untuk membedakan kebutuhan dan keinginan adalah saat berbelanja di supermarket seperti, “makan itu kebutuhan saya, tapi makan dengan daging kelas satu itu adalah keinginan”. Beberapa nasihat-nasihat bijak lainnya diantaranya :

a. “Pikirkan biaya sebenarnya saat membeli barang”
Ada banyak barang yang setelah dibeli ternyata membutuhkan banyak biaya tambahan. Misalnya mobil. Pikirkan berapa biaya bensin, bengkel, pajak, dan aneka perawatan lanjutannya.

b. “Belilah barang yang berkualitas”
Kadang, orang sering mencari barang yang superirit, tapi ternyata kualitasnya kaki lima. Karena itu belilah barang yang berkualitas, yang pasti ada uang ada rupa. Kalau mau lebih tahan lama, beli yang bagus juga, jangan asal beli tapi setengah-setengah, total saja sekalian.

c. “Jangan sampai pengeluaran melebihi pemasukan”
Kalau untuk yang satu ini, saya yakin para pembaca akan mengerti maksudnya secara langsung😀

Nasihat Tentang Utang

Satu hal yang paling utama soal utang adalah “janganlah anda berhutang untuk membeli barang yang nilainya cenderung terus menurun”. Nasihat ini sebenarnya mengingatkan kita untuk tidak terjebak pada pola hidup konsumtif. Belilah barang ketika memang perlu dan dibutuhkan, bukan hanya untuk mengejar lifestyle ataupun untuk mendapatkan prestige🙂

Nasihat Untuk Membangun Kekayaan


“Mengeluarkan lebih sedikit daripada yang diterima dan menginvestasikan selisihnya, kemudian kita investasikan ulang hasilnya untuk pertumbuhan sampai kita mencapai investasi dalam satu jumlah yang massive, yang dimana hasilnya cukup untuk membiayai gaya hidup kita dengan atau tanpa kita terlibat di dalamnya”.

“Don’t put your eggs in one basket”. Perbanyaklah sumber pendapatan anda sedemikian sehingga anda bisa memiliki multiple source of income“Perbanyaklah Asset Kurangi/Hilangkan Liabilities”. Befokuslah untuk memperbanyak asset bukan memperbanyak uang ataupun liabilities, karena nilai asset akan selalu naik dan naik.

Mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya. Sukses untuk kita semua🙂

inspired from Liz Pulliam Weston & Tung Desem Waringin

3 Responses to “Nasihat Keuangan Paling Bijak Sepanjang Masa :)”

  1. xamthone plus Says:

    terima kasih banyak atas infonya.

  2. piracetam Says:

    unit pemerintah pengguna anggaran/pengguna barang dan oleh karenanya wajib menyelanggarakan akuntansi dan menyusun laporan keuangan untuk digabungkan pada entitas pelaporan.

  3. kata bijak Says:

    Terimakasih atas infonya sob, sangat berguna dan bermanfaat. Kalo ada waktu mampir balik ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: