10 Kawasan Wisata Terindah Di Indonesia :)

Negara Kepulauan Republik Indonesia tercinta, terkenal akan keindahan alamnya. Bahkan karena “saking indah dan suburnya” sebuah lirik lagu dari koes plus pun pernah mengabadikannya “orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman” :)

visit

Begitu kayanya alam bangsa ini. Betapa indahnya panorama negeri tercinta ini. Dengan dicetuskannya Visit Indonesia 2008, 10 Kawasan Wisata Terindah Di Indonesia yang sempat dirilis oleh salah satu televisi swasta Indonesia akan sangat menarik pabila kita kaji bersama, karenanya marilah kita lihat daftar Kawasan Wisata Terindah Di Indonesia berikut ini :

1. Pantai Kuta Bali
2. Danau Toba + P.Samosir
3. Candi Borobudur Magelang
4. Pantai Senggigi Lombok
5. Taman Nasional Bunaken
6. Taman Impian Jaya Ancol
7. Taman Mini Indonesia Indah
8. Pantai Parangtritis
9. Pantai Indah Pangandaran
10.Gunung Tangkuban Perahu

Kalau ini dari rekomendasi rekan2 semua, semoga benar adanya :D

1. Sempu Island Malang
2. Mount Bromo Pasuruan
3. Plengkung Beach Banyuwangi
4. Merah (red) Island Banyuwangi
5. Baron Beach Bantul Yogyakarta
6. Toraja Land Makasar
7. Ulen Sentanu Yogyakarta
8. Condetz The Great Jakarta :D

Kalau saya mah, dari ke sepuluh kawasan wisata tersebut, baru empat saja yang pernah saya kunjungi, yang lain plus Haji dan Umroh, insyaallah akan saya jalani bersama istri tercinta dan putra-putri tersayang saya nantinya. Amiiin :) Kalau saudara-saudara sekalian, sudah pada kemana aja, ayo crita ..

10.Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Maar atau perisai yang telah meletus 400 tahun lalu. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari.

Gunung Tangkuban Parahu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.
Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu, sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Tangkuban Parahu ini termasuk gunung api aktif yang statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya masih menunjukkan tanda tanda keaktifan gunung ini. Diantara tanda gunung berapi ini adalah munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunung nya diantaranya adalah di kasawan Ciater, Subang.

Keberadaan gunung ini serta bentuk topografi Bandung yang berupa cekungan dengan bukit dan gunung di setiap sisinya menguatkan teori keberadaan sebuah telaga (kawah) besar yang kini merupakan kawasan Bandung. Diyakini oleh para ahli geologi bahwa kawasan dataran tinggi Bandung dengan ketinggian kurang lebih 709 m diatas permukaan laut merupakan sisa dari letusan gunung api purba yang dikenal sebagai Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Parahu merupakan sisa Gunung Sunda purba yang masih aktif. Fenomena seperti ini dapat dilihat pada Gunung Krakatau di Selat Sunda dan kawasan Ngorongoro di Tanzania, Afrika. Sehingga legenda Sangkuriang yang merupakan cerita masyarakat kawasan itu diyakini merupakan sebuah dokumentasi masyarakat kawasan Gunung sunda purba terhadap peristiwa pada saat itu.
9.Pantai Indah Pangandaran adalah salah satu objek wisata pantai di Jawa Barat. Pantai ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis. Beberapa keistimewaan dari Pantai ini diantaranya :

  • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama
  • Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih
  • Tersedia tim penyelamat wisata pantai
  • Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai
  • Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
  • Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.
  • Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.


8.Parangtritis
, adalah sebuah tempat pariwisata berupa pantai pesisir Samudra Hindia yang terletak kurang lebih 25 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta.

Parangtritis dilihat dari atas

Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup Krakal dan Pantai Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung – gunung pasir yang tinngi di sekitar pantai, gunung pasir tersebut biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak pemda Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas parangtritis. Selain itu ada pemandian yang disebut parang wedang konon air di pemandian dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit kulit, air dari pemandian tersebut mengandung belerang yang berasal dari pengunungan di lokasi tersebut. lokasi lain adalah pantai parang kusumo dimana di pantai tersebut terdapat tempat konon untuk pertemuan antara raja jogjakarta dengan ratu laut selatan. Pada hari-hari tertentu (biasa bulan suro) di sini dilakukan persembahan sesajian (Labuhan) bagi Ratu Laut Selatan atau dalam bahasa Jawa disebut Nyai Rara Kidul. Penduduk setempat percaya bahwa seseorang dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau muda jika berada di pantai ini. Pantai Parangtritis menjadi tempat kunjungan utama wisatawan terutama pada malam tahun baru Jawa (1 muharram/Suro). Di Parangtritis ada juga kereta kuda atau kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat.


7.TMII,
Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto.

Taman Mini Indonesia Indah

Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia “Indonesia Indah”, yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita.

TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektar.


6.Taman Impian Jaya Ancol
merupakan sebuah objek wisata di Jakarta Utara. Pada 2006, Taman Impian Jaya Ancol berubah nama menjadi Ancol Jakarta Bay City.

Logo Taman Impian Jaya Ancol

Sebagai kawasan wisata, Taman Impian Jaya Ancol ternyata sudah berdiri sejak abad ke-17. Waktu itu, Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Adriaan Valckenier, memiliki rumah peristirahatan sangat indah di tepi pantai. Seiring perjalanan waktu, kawasan itu kemudian berkembang menjadi tempat wisata.

Sayangnya, ketika Perang Dunia II meletus disusul perang kemerdekaan, Ancol terlupakan. Sungai Ciliwung secara leluasa menumpahkan air dan lumpurnya ke sana sehingga mengubah kawasan tersebut menjadi kotor, kumuh, dan berlumpur. Kawasan yang semula cantik, berubah menjadi menyeramkan bagaikan ‘tempat jin buang anak.

Lalu, muncul usulan agar kawasan itu difungsikan menjadi daerah industri. Namun, usul itu ditolak mentah-mentah oleh Presiden Soekarno. Malah, Bung Karno ingin membangun kawasan itu sebagai daerah wisata. Lewat Keputusan Presiden pada akhir Desember 1965, Bung Karno memerintahkan kepada Gubernur DKI Jaya waktu itu, dr. Soemarno, sebagai pelaksana pembangunan proyek Taman Impian Jaya Ancol. Proyek pembangunan ini baru terlaksana di bawah pimpinan Ali Sadikin yang ketika itu menjadi Gubernur Jakarta. Pembangunan Ancol dilaksanakan oleh PD Pembangunan Jaya di bawah pimpinan Ir. Ciputra.

Kekhasan Taman Impian Jaya Ancol di awal-awal berdirinya ditandai dengan dibangunnya Teater Mobil pada tahun 1970. Sarana rekreasi berikut yang dibangun makin mempopulerkan keberadaan Taman Impian Jaya Ancol, tidak saja di kalangan masyarakat ibu kota, tetapi juga seluruh Indonesia.

Pembangunan berbagai proyek terus berlanjut hingga kini. Pedagang kaki lima ditata, hotel dibangun, lapangan golf, dan beragam permainan dihadirkan. Hal itu berarti sarana rekreasi dan hiburan di Taman Impian Jaya Ancol akan semakin lengkap. Pada tahun-tahun berikutnya, pengadaan sarana rekreasi dan hiburan diarahkan pada sarana hiburan berteknologi tinggi. Hal itu telah dimulai dengan dibangunnya kawasan Taman Impian “Dunia Fantasi” tahap I pada tahun 1985. Kini, Taman Impian Jaya Ancol yang berdiri pada lahan seluas 552 hektar, telah menjadi tempat wisata dan rekreasi permainan terbesar dan terlengkap di Indonesia.


5.Bunaken
adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia.

Pantai pulau Bunaken

Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kelautan Manado Tua. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektar dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektar, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.


4.Pantai Senggigi
adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah ditengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki, para wisatawan dapat menjumpai Batu Bolong di pantai ini. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.

Tidak jauh dari Batu Bolong terdapat makam seorang ulama. Ini merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Batu Layar ramai di kunjungi pada saat ” Lebaran Ketupat ” yang merupakan lebaran bagi orang yang berpuasa 1 minggu setelah lebaran Idul Fitri.

3.Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Banyak teori yang berusaha menjelaskan nama candi ini. Salah satunya menyatakan bahwa nama ini kemungkinan berasal dari kata Sambharabhudhara, yaitu artinya “gunung” (bhudara) di mana di lereng-lerengnya terletak teras-teras. Selain itu terdapat beberapa etimologi rakyat lainnya. Misalkan kata borobudur berasal dari ucapan “para Buddha” yang karena pergeseran bunyi menjadi borobudur. Penjelasan lain ialah bahwa nama ini berasal dari dua kata “bara” dan “beduhur”. Kata bara konon berasal dari kata vihara, sementara ada pula penjelasan lain di mana bara berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya kompleks candi atau biara dan beduhur artinya ialah “tinggi”, atau mengingatkan dalam bahasa Bali yang berarti “di atas”. Jadi maksudnya ialah sebuah biara atau asrama yang berada di tanah tinggi.

Sejarawan J.G. de Casparis dalam disertasinya untuk mendapatkan gelar doktor pada 1950 berpendapat bahwa Borobudur adalah tempat pemujaan. Berdasarkan prasasti Karangtengah dan Kahulunan, Casparis memperkirakan, pendiri Borobudur adalah raja dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga sekitar 824 M. Bangunan raksasa itu baru dapat diselesaikan pada masa putrinya, Ratu Pramudawardhani. Pembangunan Borobudur diperkirakan memakan waktu setengah abad.
Candi Borobudur berbentuk punden berundak, yang terdiri dari enam tingkat berbentuk bujur sangkar, tiga tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Selain itu tersebar di semua tingkat-tingkatannya beberapa stupa.

Borobudur yang bertingkat sepuluh menggambarkan secara jelas filsafat mazhab Mahayana. bagaikan sebuah kitab, Borobudur menggambarkan sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha.

Bagian kaki Borobudur melambangkan Kamadhatu, yaitu dunia yang masih dikuasai oleh kama atau “nafsu rendah”. Bagian ini sebagian besar tertutup oleh tumpukan batu yang diduga dibuat untuk memperkuat konstruksi candi. Pada bagian yang tertutup struktur tambahan ini terdapat 120 panel cerita Kammawibhangga. Sebagian kecil struktur tambahan itu disisihkan sehingga orang masih dapat melihat relief pada bagian ini.

Empat lantai dengan dinding berelief di atasnya oleh para ahli dinamakan Rupadhatu. Lantainya berbentuk persegi. Rupadhatu adalah dunia yang sudah dapat membebaskan diri dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk. Tingkatan ini melambangkan alam antara yakni, antara alam bawah dan alam atas. Pada bagian Rupadhatu ini patung-patung Buddha terdapat pada ceruk-ceruk dinding di atas ballustrade atau selasar.

Mulai lantai kelima hingga ketujuh dindingnya tidak berelief. Tingkatan ini dinamakan Arupadhatu (yang berarti tidak berupa atau tidak berwujud). Denah lantai berbentuk lingkaran. Tingkatan ini melambangkan alam atas, di mana manusia sudah bebas dari segala keinginan dan ikatan bentuk dan rupa, namun belum mencapai nirwana. Patung-patung Buddha ditempatkan di dalam stupa yang ditutup berlubang-lubang seperti dalam kurungan. Dari luar patung-patung itu masih tampak samar-samar.

Tingkatan tertinggi yang menggambarkan ketiadaan wujud dilambangkan berupa stupa yang terbesar dan tertinggi. Stupa digambarkan polos tanpa lubang-lubang. Di dalam stupa terbesar ini, diduga dulu ada sebuah patung penggambaran Adibuddha. Patung yang diduga berasal dari stupa terbesar ini kini diletakkan dalam sebuah museum arkeologi, beberapa ratus meter dari candi Borobudur. Patung ini dikenal dengan nama unfinished Buddha.

Di masa lalu, beberapa patung Buddha bersama dengan 30 batu dengan relief, dua patung singa, beberapa batu berbentuk kala, tangga dan gerbang dikirimkan kepada Raja Thailand, Chulalongkorn yang mengunjungi Hindia Belanda (kini Indonesia) pada tahun 1896 sebagai hadiah dari pemerintah Hindia Belanda ketika itu.

Borobudur tidak memiliki ruang-ruang pemujaan seperti candi-candi lain. Yang ada ialah lorong-lorong panjang yang merupakan jalan sempit. Lorong-lorong dibatasi dinding mengelilingi candi tingkat demi tingkat. Di lorong-lorong inilah umat Buddha diperkirakan melakukan upacara berjalan kaki mengelilingi candi ke arah kanan. Bentuk bangunan tanpa ruangan dan struktur bertingkat-tingkat ini diduga merupakan perkembangan dari bentuk punden berundak, yang merupakan bentuk arsitektur asli dari masa prasejarah Indonesia. Struktur Borobudur bila dilihat dari atas membentuk struktur mandala.

Di setiap tingkatan dipahat relief-relief pada dinding candi. Relief-relief ini dibaca sesuai arah jarum jam atau disebut mapradaksina dalam bahasa Jawa Kuna yang berasal dari bahasa Sansekerta daksina yang artinya ialah timur. Relief-relief ini bermacam-macam isi ceritanya, antara lain ada relief-relief tentang wiracarita Ramayana. Ada pula relief-relief cerita jātaka.

Pembacaan cerita-cerita relief ini senantiasa dimulai, dan berakhir pada pintu gerbang sisi timur disetiap tingkatnya, mulainya disebelah kiri dan berakhir disebelah kanan pintu gerbang itu. Maka secara nyata bahwa sebelah timur adalah tangga naik yang sesungguhnya (utama) dan menuju puncak candi, artinya bahwa candi menghadap ke timur meskipun sisi-sisi lainnya serupa benar.
Karmawibhangga

Salah satu ukiran Karmawibhangga di dinding candi Borobudur (lantai 0 sudut tenggara) Sesuai dengan makna simbolis pada kaki candi, relief yang menghiasi dinding batur yang terselubung tersebut, menggambarkan hukum karma. Deretan relief tersebut bukan merupakan cerita seri ( serial ), tetapi pada setiap pigura menggambarkan suatu cerita yang mempunyai korelasi sebab akibat. Relief tersebut tidak saja memberi gambaran terhadap perbuatan tercela manusia disertai dengan hukuman yang akan diperolehnya, tetapi juga perbuatan baik manusia dan pahala. Secara keseluruhan merupakan penggambaran kehidupan manusia dalam lingkaran lahir – hidup – mati (samsara) yang tidak pernah berakhir, dan oleh agama Buddha rantai tersebutlah yang akan diakhiri untuk menuju kesempurnaan.

Lalitawistara

Merupakan penggambaran riwayat Sang Buddha dalam deretan relief-relief (tetapi bukan merupakan riwayat yang lengkap ) yang dimulai dari turunnya Sang Buddha dari sorga Tusita, dan berakhir dengan wejangan pertama di Taman Rusa dekat kota Banaras. Relief ini berderet dari tangga pada sisi sebelah selatan, setelah melampui deretan relief sebanyak 27 pigura yang dimulai dari tangga sisi timur. Ke 27 pigura tersebut menggambarkan kesibukan, baik di sorga maupun di dunia, sebagai persiapan untuk menyambut hadirnya penjelmaan terakhir Sang Bodhisattwa selaku calon Buddha. Relief tersebut menggambarkan lahirnya Sang Buddha di arcapada ini sebagai Pangeran Siddhartha, putra Raja Suddhodana dan Permaisuri Maya dari Negeri Kapilawastu. Relief tersebut berjumlah 120 pigura, yang berakhir dengan wejangan pertama, yang secara simbolis dinyatakan sebagai Pemutaran Roda Dharma, ajaran Sang Buddha di sebut dharma yang juga berarti “hukum” ,sedangkan dharma dilambangkan sebagai roda.

Jataka dan Awadana

Jataka adalah cerita tentang Sang Buddha sebelum dilahirkan sebagai Pangeran Siddharta. Isinya merupakan pokok penonjolan perbuatan baik, yang membedakan Sang Bodhisattwa dari mahluk lain manapun juga. Sesungguhnya, pengumpulan jasa / perbuatan baik merupakan tahapan persiapan dalam usaha menuju keringkat ke buddha an.

Sedangkan Awadana, pada dasarnya hampir sama dengan Jataka akan tetapi pelakunya bukan Sang Bodhisattwa, melainkan orang lain dan ceritanya dihimpun dalam kitab Diwyawadana yang berarti perbuatan mulia kedewaan, dan kitab Awadanasataka atau seratus cerita Awadana. Pada relief candi Borobudur jataka dan awadana, diperlakukan sama, artinya keduanya terdapat dalam deretan yang sama tanpa dibedakan. Himpunan yang paling terkenal dari kehidupan Sang Bodhisattwa adalah Jatakamala atau untaian cerita Jataka, karya penyair Aryasura dan jang hidup dalam abad ke-4 Masehi.

Gandawyuha

Merupakan deretan relief menghiasi dinding lorong ke 2,adalah cerita Sudhana yang berkelana tanpa mengenal lelah dalam usahanya mencari Pengetahuan Tertinggi tentang Kebenaran Sejati oleh Sudhana. Penggambarannya dalam 460 pigura didasarkan pada kitab suci Buddha Mahayana yang berjudul Gandawyuha, dan untuk bagian penutupnya berdasarkan cerita kitab lainnya yaitu Bhadracari.


2.Danau Toba
adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran luas 100km x 30km di Sumatera Utara, Sumatera, Indonesia. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

Pemandangan Danau Toba

Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2800km3, dengan 800km3 batuan ignimbrit dan 2000km3 abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari cina sampai ke afrika selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 KM diatas permukaan laut.

Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli masih memperdebatkan soal itu.

Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

1.Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di kabupaten Badung.

Pantai Kuta

Daerah ini merupakan sebuah destinasi turis mancanegara yang sangat termasyhur. Di Kuta sendiri banyak terdapat pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai Sunset Beach atau pantai matahari terbenam sebagai lawan dari pantai Sanur. Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.

Menurut sebuah sumber, katanya dulu pantai ini terkenal sebagai tempat pembuangan bagi penderita lepra serta dihuni oleh orang2 yang hobi sama ilmu hitam. terlepas dari benar tidaknya berita itu, yang jelas tempat ini skr jarang sepi.

Wilayah sekitar pantai seperti legian kini dipenuhi sarana2 pendukung seperti cafe, penginapan (dari yang ky losmen ampe hardrock), toko2 (dari mulai penjual pernah-pernik khas bali sampe barang2 berbau surfing yang harganya amit2 macam billabong, mall, dan tempat2 uji nyali (bukan uka2 ya.. maksud gw tuk maen slingshot dll). saking ramenya, sampe ada teroris yang menjadikan tempat ini sebagai sasaran bom. di tragedi 12 Oktober 2002, lebih dari 200 jiwa tewas terkena bom. kejadian ini pun berulang. tanggal 1 Oktober 2005, selain di Jimbaran, bom juga meledak di Raja Restoran Kuta. restoran dan toko2 sekeliling dalam radius 15 meter hancur.

sumber : wikipedia indonesia, metrotv

About these ads

93 Responses to “10 Kawasan Wisata Terindah Di Indonesia :)”

  1. girly Says:

    xixixixixixix….
    pertamax, aku mauw semuanya :)

  2. kid Says:

    walah jadi pengen menjelajah negeri ini..
    kmu g ngajak temen kul jg tah? pelit pek!!

  3. pinky Says:

    2 girly : hehe, ni sy ketigax :D
    2 aditya rachmadi : hehehe, mungkin kalau sekolah lagi mas :D

  4. bowchil Says:

    kok parangteritis masuk siy??? kurang bagus tuh pink… ada yg lebih bagus lagi.. pantai baron dan kawan2 ,, letaknya di kawasan bantul… jalan kesana agak susah soalnya gara2 kenagempa.. tu pantai kyk dreamlandnya bali.. sama satu lagi.. musium ulen sentanu.. keren tu …..

    ayo masukin LInk ku yo di blogroll mu!! awas klo ga!!

  5. pinky Says:

    2 bowchil : ok :D

  6. aLay Says:

    wah…
    Condet kok gak termasuk??
    daerah paling indah itu..
    coba deh cari d google…

  7. oliver indra prodinger Says:

    waduh, kurang 2 tempat yang blum aku kunjungi ; danau toba & bunaken.. Ntar kalo ada waktu aku ada rencana mau backpaker-an ke salah satu tempat itu sama temen2,
    mau ikutan pink?? itu juga kalo kamu ga lagi di jazirah arab sana, hehehehehe… :D

  8. oliver indra prodinger Says:

    oya menurutku , ada beberapa tempat lain yang sangat layak masuk 10 besar :
    – pulau sempu : keren banget ! sangat natural ! laguna di belakang pulaunya awesome banget ! seperti di film the beach-nya Leonardo DiCaprio… U should visit it sometimes.. satisfaction guaranteed !

    -pantai plengkung, banyuwangi : nah yang ini jelas kudu masuk 10 besar , ombaknya terbaik kedua didunia untuk surfing! sering dibuat lomba selancar kelas dunia.. sayangnya jarang ada yang denger tentang pantai ini.. tapi keren banget pantainya ! Ombaknya apalagi! Really2 blow my mind

  9. oliver indra prodinger Says:

    oya lupa, gunung bromo kok ga masuk pink .. mending bromo daripada tangkuban prahu… jauuuh man !

  10. silas Says:

    Wah bangga bgt nih danau toba ada di posisi 2, tapi… kayaknya salah tuh… kurang layak ditempatin urutan kedua. Mungkin tunggu aku jadi gubernur sumut kali ya :P

  11. siawhietji Says:

    quoted from Oli:

    -pantai plengkung, banyuwangi : nah yang ini jelas kudu masuk 10 besar , ombaknya terbaik kedua didunia untuk surfing! sering dibuat lomba selancar kelas dunia.. sayangnya jarang ada yang denger tentang pantai ini.. tapi keren banget pantainya ! Ombaknya apalagi! Really2 blow my mind

    Sepakat! Sebagai putra daerah banyuwangi aku recommend juga masuk ke list-mu Pink :mrgreen:

    di Banyuwangi banyak pantai yang masih perawan, favoritku Pantai Pulau Merah, dengan hamparan laut dangkal di balik pulau yang dipenuhi koral berwarna merah darah, mangstab :twisted:

  12. aRuL Says:

    dari data wisata alam itu 7 biji.
    wisata buatan itu ada 2 biji.
    wisata budaya itu ada 1 biji.
    wisata pemukiman seperti toraja koq ndak masuk yakz. :D

  13. ikaaa Says:

    Alhamdulillah sdh 5 dari tujuh, yang di luar Jawa- Belum pernah, hiks :(

    Alhamdulillah beberapa hari lalu sempat lari dari tc,
    terus ke Borobudur + Parangtritis,
    tp sedih, Parangtritis + Borobudur udah ga seindah dulu,
    bahkan Borobudur udah ga termasuk 7 kejaiban dunia,
    apa karena udah pernah dipugar & dipindah tempatnya y?
    entar aku tulis ah, visit my blog d :)

    Sepatu(sepakat dan setuju) ma ms oliver, Sempu harusnya dimasukin, pernah gugling soalnya rencananya 2006 mau ke sana /*tp gagal, hiks lg*/
    Subahaanalloh, pokoke keren bgt! :)

  14. pinkyangga Says:

    2 alay : condet, apaan tuh :D -peace-
    2 oliver indra prodinger (1) : ayo2!! wis ga sabar iki :D
    2 oliver indra prodinger (2) : pulau sempu, iyo mas jarene ancen apik tenan, kudu dicoba iki :D
    2 oliver indra prodinger (3) : bromo is the best!! sepakatz!!:D
    2 silas sebastian sihotang : hueheheheeeee, gubernur sumut :D
    2 lucky a sutanto : hohoho, pulau merah, opo maneh iki, tapi kudu dicoba pisan iki, ayo bro!!:D
    2 asruldin azis : toraja ya, hehe, makanya bang jadi gubernur dulu disono, baru torajanya bisa terkenal :D
    2 ika usfarina : wah2, pernah lari juga ternyata :D ok. sempu masuk list!! beres :D

  15. buss Says:

    wah, pantai sempu mas, mantaf.. :p

    btw, ganti dong blogroollnya :
    buss.blogvis.com :)

  16. Zener Says:

    duhhhh… kasihan amat yah gue baru 4 yang dikunjungin. tapi jujur saja rada aneh dengan 10 tempat wisata terindah. karena menurutku masih banyak yang jauh lebih indah. tak tahu deh hanya pendapatku saja kali yah.

    tempat yang menurutku keren itu antara lain mesjid raya baiturrahman di aceh, gedung sate di bandung, kawah putih di ciwidey. pendapat doank yah. hihihihi

    enjoy, peace and love

  17. pinkyangga Says:

    2 Budi Setiawan : Yes, Sempu memang mantaf :D Update2 Udah jg :D
    2 Zener : Ok brother, nanti akan saya update jg,thanks :D

  18. infogue Says:

    Artikel di blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com/

    http://www.infogue.com/tempat/10_kawasan_wisata_terindah_di_indonesia/

  19. Ari Says:

    Ayo dukung Danau Toba, Gunung Krakatau, dan Pulau Komodo sebagai Tujuh Keajaiban Dunia versi New Seven Wonders of Nature. Voting di http://www.new7wonders.com

  20. Eru Says:

    Kuta ama Lombok…

    Bedugul – Bali juga keren…

    Pangalengan – Jawa Barat

    Padang Bai – Bali keren…

    Pantai Geger – Bali lebih keren dari Pantai Kuta

  21. frans Says:

    anda kurang tepat memilih 10 tempat d Indonesia. jelajahi semuanya dulu baru pilih.

  22. reny Says:

    Coba k Tanjung Pandan…di sana sungguh indah sekali…mnrt saya keindahan Bali terkalahan oleh pantai-pantai yg ada di Tanjung Pandan…

  23. edna Says:

    DUHHH
    PENGEN DWEHHH
    KELL INDONESIA…

    DARI SABANG MPE MERAUKEEE

  24. edna Says:

    hup”””
    ngedhhh
    jalan” kel indonesia….

    da 99 iia,,,
    iank tanpa biaya….

    hhooooo………………………..

    edna,,

  25. arumi Says:

    Yg paling indah itu pantai sorakhe di Nias, selain pantainya indah ombaknya juga indah, trus ada pantai dipulau bawa nias dgn pasir putuhnya yg indah

  26. presty larasati Says:

    knapa kebanyakan wisata alam-nya yang ada d jawa, ya? padahal, klo mau tau, wisata alam di sumatra itu jauuhhh lebih baguss n masih buanyaakk.. masih alami juga..
    ^_^

  27. mansar Says:

    kawasan terindah saya sangat senang dengan semua itu
    tp saya rasa di daerah padaido kabupaten biak numfor.

  28. handy Says:

    wah bagus ya……… coba kalau di tambah pantai di gunung kidul

  29. ferry chou Says:

    wah kayaknya tempatnya asik2 deh,,,,,,,tapi aku sedikit promosi daerah ku ne,,,,,,,
    coba deh liburan di singkawang (kalbar) wah…. tempat wisatanya lumayan banyak,,,,,,pasti seneng liburan disini,,,,,,,,penginapan pasti terjangkau kok,,,,,,gk bakal nyesel deh,,,,,,

  30. sarie Says:

    baguuuus bget tempat wisata smuanya???pengen bget kesana…tp ada lg lho…wisata pantai yang lebih seru dan menarik serta terkenal dengan pasir putih dan bebatuannya yaitu di Kabupaten Belitung….(di negeri laskar pelangi)…

  31. kedaong Says:

    woi masak pulau belitung yang segitu indahnya da nyampai keluar negeri lagi filmnya gak masuk kawasan terindah di indonesia???

  32. dodoL Says:

    kumaha maraneh we….
    atur atur… :D
    hahaha

  33. iboslon Says:

    boekan maen daah akh …..

  34. hanna Says:

    Kalau menurut pengalaman saya pulau di Indonesia memang sangat indah terutama Pulau Lengkuas di Belitung, Pulau Bidadari , Rinca dan pasir merahnya di Pulau Komodo, dan di Riung Pulau 17 begitu sangat menawan

  35. adek Says:

    Saya kira jumlahnya akan terus bertambah dengan catatan kita ikut menjaga dan melestarikannya. Obyek wisata bisa menjadi komoditas unggulan untuk Indonesia untuk menambah devisa

  36. triokwekkwek Says:

    hmm..jd pengen jalan-jalan keliling indonesia ^^

  37. junaidi Says:

    gili terawangan,lombok raja ampat island papua.pulau weh.aceh.pulau nias,and mentawai,pulau bintan gimana?

  38. delapan Says:

    Indonesia memang negara terindah, aku bangga jadi anak Indonesia.

  39. Ajeng Says:

    Akku minta artikel’y yya ??
    mau di copy di blog akku tapi akku kasih sumber dari blog kamu kok. . .
    thanks before

  40. lyra Says:

    wAh bEdugul sayang gA ada
    pDahal bDugUl jG kAn iNdah bGt….
    kO g’dA yupzzz

  41. diaz Says:

    penilaian tv swasta bukan kwasan wisata terindah tapi yang banyak dikunjungi. karena setelaah saya liat parang tritis saya kunjungi saya merasa pantai tersebut adalah biasa. menang karena udh punya nama duluan….

  42. dhiniy Says:

    bgus bgd ya pemandangannya, jd pngen ksna deyh..

  43. gagah gemilang Says:

    Indonesia memang kaya dgn keindahan alam. Aku bangga jadi anak Indonesia

  44. Agus Says:

    bagus semua wisata yang ada di negeri kita yaaa
    semoga tetap dilestarikan
    oh yacc
    jgn salah wisata yg ada di daerah kepulauan riau tak kalah menarik lho
    dtg kesini yhaaa

  45. Yonk Says:

    Gak ada…tempat seindah gili terawangan d lombok ya mnurut gw..!pulau kecil yg exotic….pokox heem….luar biasa…..alami bngt…..the best island gili terawangan….

  46. indah Says:

    adu jadi pengen mengunjungi smua?tapi kan juh

  47. fajrin Says:

    masukin jg pulau Selayar d makassar,, pantaix pasir putihx indah,,……….

  48. kevan Says:

    bagus semua tempatnya . . .
    jadi pengen kesana . . .
    Mm..di Sumatera Barat juga ada tempat yang paling indah..
    Dengar-dengarnya mendekati taman laut bunaken di Manado..
    Nama tempatnya Pulau Sikuai. .
    kunjungi juga blog saya yh. .

    kevan dharma
    Universitas Andalas

  49. VERONIKA Says:

    i love you fUll “INDONESIA”,,,,,,,,,,,,,,,,,,,”

  50. VERONIKA Says:

    Nyanda ada yang mo lawang torang p indonesia ini kasiang,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,banya tampa wisata yg indah2 disini pa lagi di manado terkenal dgn wisata lautnya yg indah belum tu laeng-laeng………………………………

  51. tiara Says:

    semua pantai di lombok the best banget!aku belum pernah lihat pantai yang seindah itu…,senggigi,kuta,tanjung an,pantai surga,gili trawangan. wau… amazing!!!

  52. riskiarisman Says:

    I like to travel

  53. ArieN Says:

    that’s so great……………………………………!!!!!!!!!

  54. adhimaswijaya Says:

    wah kayaknya perlu keliling indonesia nih :D

  55. uciha manggara Says:

    ah… kurang setuju ma no satunya gan…. masa pantai kuta…???? pantai kuta tuh cuma asik dari ombak nya aja… n ga da spesial2 nya…. mana orang2 nya kasar2 gan…. kurang setuju gan….. WAKATOBI lebih keren gan……

  56. Shafira Says:

    Yang sudah ku kunjungi adalah Pantai Pangandaran,Parangtritis,Pantai Kuta Borobudur,dan TMII
    Silahkan mencoba teman2x :)

  57. git Says:

    Senggigi di Lombok belum seberapa. Coba deh datang ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, so ini dia wajah asli Lombok, The Honeymoon Island, The Culture of colour

  58. Abdi Says:

    bwat qa yg terindah tu Danau toba
    d sto asyik bnyak fenomena yg lumbz kalian
    ktahui yaitu…
    Batu Gantung :D

  59. singgyh maryono Says:

    Bagus bagus ya Tempat Wisata indonesia…sudah pada ke Pulau Merah (Banyuwangi) semuanya??

    mesti kudu wajib dikunjungi,
    – Pemandangan bagus (banyak pulau di tengah laut)
    – Pantai pasir putih yang sangat bersih
    – hemm..olah raga air yang gak kalah menarik (surfing, snorkelling, fishing, diving, kayaking, bananaboat, speedboat, dll)
    – cek aja di

    http://facebook.com/pulaumerah

    http://aredisland.com

    http://singgyh.wordpress.com

  60. m asep Says:

    pantai sawarna-bayah. tanjunglayar-bayah, sama ciputih-sumur

  61. Hary Says:

    Sebenarnya masih destinasi wisata di nusantara yg juga tdk krg indahnya. Namun krn krg promosi jd krg diketahui, contohnya Sabang (Pulau Weh), suasana atmosphere alamnya blm bgt terjamah maksimal oleh turisme, msh alami. Dan harga cottagenya relatif murah dan taman lautnya jg msh alami dan utk snorkneling bayarnya relatif murah dibanding destinasi lain yg sdh dipadati turis.

  62. Hary Says:

    Sebenarnya masih bny destinasi wisata lain di nusantara yg juga tdk krg indahnya. Namun krn krg promosi jd krg diketahui, contohnya Sabang (Pulau Weh), suasana atmosphere alamnya blm bgt terjamah maksimal oleh turisme, msh alami. Dan harga cottagenya relatif murah dan taman lautnya jg msh alami dan utk snorkneling bayarnya relatif murah dibanding destinasi lain yg sdh dipadati turis.

  63. jemy katana wijaya Says:

    coba dech lihat lagi …
    di sumsel lebih banyak tempat wisata yang indah …
    seperti gunung dempo ..cughup embun … dan peninggalan pra sejarah kerajaan sriwijaya …. dll dech ..
    di jamin ga bakaln kecewa kalo da lihat …
    kalo ga percaya ..
    datang aja ke kota PAGAR ALAM ….
    SUMATERA SELATAN …..

  64. deway Says:

    kalo gw wiasata paling indah yang pernah gw kunjungin semuanya indah asal bareng someone special hahahhaha

  65. ahmad Says:

    indonesia memang,,,negara paling terindah didunia,,baik budaya_nya..kekayaan alam_nya..dari danau toba.gunung bromo.danau kalimutu,dan pulau komodo,,,yang mudah2 an msk sbg new7wonders…in the world..

  66. biolanova Says:

    cuy, saya kirain ada tuch belitung masuk …
    ternyata gak ada

    kak kpan2 main ke belitung lihat pantai di sana keren2 loh … gak bakal rugi dech kalok ke belitung , because pantai di sana keren2 .. yg lain kalah .. lewat ,,
    apa lagi di belitung pasirnya putih dan pantainya berbatu .. keren dah pokoknya …

    tapi aku tetap kagum dengan keindahan dan kekayaan yang ada di Indonesia ….

    go,go,go anak2 INDONESIA kita harus selalu bangga dan menjaga kelestarian alam kita …

  67. Muhammad Fajri Says:

    Toba,senggigih,bunaken, dan pantai pangandaran yang belum pernah..
    pengen nech..

    yg laennya udah..

    coba dech ke daerah Sumatera Barat..
    Banyak tuh ta wisatanya..

  68. tHe_diNz Says:

    ternyata Indonesia memiliki panorama aLam yang sangat Luar biasa,, keren,, Subhanallah,, Allahu Akbar….

  69. simon pardede Says:

    ag senang bisa lahir di tanah air indonesia ini,
    begit banyak keindahan yang bisa saya temukan,seperti danau toba. i love tu indonesia ku..

  70. no name Says:

    Emm..bagus tempatnya, pengen banget bisa kesana.. haha :)

  71. piyu Says:

    ko tanjung lesung ga di masukin sie

  72. Balekambang Says:

    Satu lagi pantai di palau Jawa yang sangat indah :
    Pantai Balekambang di Malang Selatan.

  73. ayin Says:

    pokoknya semuanya indah bangga deh jadi anak indonesia I LOVE INDONESIA

  74. uriiii Says:

    kampung ane sumbar juga gak kalah fren ,iloveindonesia

  75. sewa mobil murah di bali Says:

    wah pengen banget jadinya ke bunaken di manado, kaya asik abis tuh!!! mw menyelam disana karena ga bisa berenang :) taman lautnya bagus banget katanya…..bner ya?

  76. akatsuci Says:

    indonesia memang indah :)

  77. domanhukumunpad Says:

    Wah, kalo menurut aku, TMII, Ancol, Parangtritis dan Pangandaran perlu dieliminasi, diganti dengan Danau Kelimutu, Gunung Bromo, Raja Ampat Papua, dan Pulau Komodo. Hehehe…

  78. nayla VI bhe................... Says:

    masukin taman nasional kutai……………………

  79. Hamzah Sie Elang Says:

    bunaken tunggu aku akan datang,…iloveindonesia,….

  80. Maria ulfah Says:

    indonesia kaya dengan keindahan , jd pengen liburan deh

  81. andan sanjaya Says:

    Btw banyak sekali yng menyebutkan tempat2 indahnya di luar pulau jawa ya??? hhmh tapi saya yakin itu semuanya sangaat indah dan realy beautiful place,tapi ada yang lupa nih kawan2 di pulau jawa pun ada yg benar2 indah dan ngga kalah dahsyatnya juga,Adventure of Ujung kulon Beach,island peucang,umang,karang jajar,bagedur,taman nasional ujung kulon,tidak ada di dunia ini kecuali di ujungkulon,binatang langkanya yaitu badak cula 1,dan surfing place plying yg hanya terhitung segelintir orang saja yg bermain surfing,karena memang tempatnya yg hampir tidak pernah terjamah orang dan yg terakhir adalh island animal nya wooooww kereen,ada banteng,kucing pohon,ayam hutan,badak cula 1,reptilia,dll.dengan hamparan pasir putihnya seperti susu bubuk yg di tumpahkan,air yg jernih.uniknya dari tempat ini adalah tidk boleh membwa hp,kamera digital,kecuali shooting kamera dan tidak boleh membawa tools equipment yg mengundang kepanikan para peghuni pulau karena suara2 yg di timbulkan perangkat yg di bawa…ini baru daerah terujung di pulau jawa.ayooo di cobaaaa

  82. gusmang Says:

    agan” pengen liburan ke bali ? agan” semua bisa mengandalkan saya untuk menemani agan” liburan di bali. Silakan kunjungi web travel saya yang beralamat di http://www.ebali-tour.com untuk keterangan lebih lanjut . terima kasih …

  83. hibz Says:

    that very good :)

  84. paket umroh Says:

    Fantastic publish, very informative. I ponder why the other experts of this sector do not realize this. You must continue your writing. I’m sure, you have a huge readers’ base already!|What’s Going down i’m new to this, I stumbled upon this I have discovered It positively helpful and it has helped me out loads. I’m hoping to give a contribution & assist other users like its helped me. Great job.

  85. Tinus Says:

    tempat2 ini wajib pokoknya untuk dikunjungi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: